Sukses

Dikabarkan Pindah Keyakinan, Norman Kamaru Jelaskan Perihal Nama 'Marthinus'

Pria kelahiran Gorontalo ini membenarkan telah mengganti nama akun Instagramnya menjadi @onca_marthinus

Liputan6.com, Mataram - Kabar ganti nama telah melambungkan nama Norman Kamaru di jagad maya. Pencarian untuk keyword "Norman Kamaru" pun mencuat pada laman Google Tren, Kamis (3/2/2022).

Kabar itu terbukti, karena nama Norman Kamaru pada akun Instagram telah berganti menjadi @onca_marthinus. Nama baru itu menjadi tanda tanya netizen, hingga berkembang kabar sampai mengarah berganti keyakinan.

Menanggapi banyaknya pertanyaan netizen, Norman Kamaru buru-buru memberi penjelasan. Pria kelahiran Gorontalo ini membantah telah mengganti nama dan berganti keyakinan.

Perihal ini, Norman Kamaru menjelaskan, bahwa Onca pada nama @onca_marthinus di akun Instagramnya merupakan akronim dan nama aslinya. Adapun nama belakangnya, Marthinus merupakan marga Ambon yang diambil dari keluarga ibunya.

"Karena banyak yang tanya kenapa gw ganti nama??? Gw jawab nih...," tulis Norman Kamaru melalui Instagram Story.

"GW GAK GANTI NAMA nih gw jelasin ya,, ONCA MARTHINUS = ONCA (singkatan dari Oman CAmaru / nOrman CAmaru," tulisnya di Instagram Story.

"MARTHINUS (itu marga / nama belakang mamah gw,,, mamah gw orang Ambon dan marganya MARTHINUS," sambung Norman Kamaru.

Melalui penjelasan nama belakang itu, secara tersirat ia membantah bahwa dirinya telah pindah keyakinan.

 

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

 

Saksikan Video Pilihan Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Chiyya Chaiyya

Omong soal Norman Kamaru, bukanlah sosok baru di jagad maya. Ia mulai mendapat sorotan publik melalui videonya di tahun 2011 denga judul 'Polisi Gorontalo Menggila'. Ia berjoged Chaiyya Chaiyya ala Shah Rukh Khan dengan mengenakan pakaian polisi.

Norman Kamaru dianggap 'sempurna' melakukan lip sync, sehingga membawanya meraih popularitas. Ia pun wara-wiri menghiasi layar kaca, mendapat banyak tawaran maggung, hingga mejelit di jagad maya.

Di tengah popularitasnya, Norman Kamaru bahkan sempat merilis single bertajuk 'Cinta Gila'. Single itu lekat dengan irama mirip 'Chaiyya Chaiyya'.

Akan tetapi, di tengah popularitas itu, ada konsekuensi yang harus ditanggung. Pada 6 Desember 2011, Norman Kamaru diberhentikan secara tidak hormat oleh Polri, berdasarkan sidang kode etik di Polda Gorontalo.

Normal sendiri mengaku menerima keputusan pengadilan itu. Ini sejalan dengan pertanyaannya sekitar pertengahan bulan September 2011, bahwa ia menyatakan pengunduran diri dari anggota Brimob.

Selepas itu, nama Norman Kamaru mulai meredup. Tawaran menjadi bintang tamu di layar kaca atau manggung, kian jarang didapatkan.

 

3 dari 3 halaman

Jualan Bubur

Namun, Norman Kamaru kembali ramai diperbincangkan kisaran tahun 2014. Sejumlah tayangan video kala itu, menunjukkan Norman Kamaru berjualan bubur Manado untuk menyambung hidup di Jakarta .

Atas nasibnya itu, Norman menyampaikan penyesalan saat memilih mundur menjadi anggota Brimob.

"Menyesal sih menyesal, soalnya yang bikin saya menyesal itu... waduh susah juga buat diomongin. Yang jadi pertanyaan saya itu kenapa bisa jadi kayak begitu, ya keluar dari Kepolisian," ujarnya, dalam video tersebut.

Norman Kamaru merupakan pria kelahiran Gorontalo pada 27 November 1985. Ia sempat menjadi anggota Brimob Polda Gorontalo berpangkat Briptu.

Ia menikah dengan Daisy Fahria Paendong. Norman menikahi kekasih yang akrab disapa Cici itu setelah lima bulan berpacaran.

Norman dikenal memiliki hobi menyanyi sejak kecil, salah satunya menyanyikan lagu-lagu India. Karir anak bungsu dari 9 bersaudara itu melejit pada tahun 2011 melalui video dirinya yang menirukan Shahrukh Khan berjoget dan menyanyikan lagu Chaiyya-Chaiyya.

Tim Rembulan

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.