Sukses

8 Manfaat Cincau, Sumber Serat Asli Indonesia yang Bisa Cegah Kanker

Makanan apa yang enak dimakan saat Bandung sedang diserang panas?

Liputan6.com, Bandung - Makanan apa yang enak dimakan saat Bandung sedang diserang panas? Es cincau hijau bisa jadi pilihan lho. Apalagi selain lembut dan manis, makan es cincau hijau juga bisa bermanfaat bagi kesehatan tubuh.

Cincau atau yang juga dikenal dengan green grass jelly merupakan tanaman pangan dari Indonesia dengan kandungan serat tinggi. Cincau mengandung senyawa fenolik dan fitokimia seperti flavonoid dan tanin, yang merupakan senyawa tumbuhan alami.

Kandungan yang juga terdapat dalam daun teh inilah yang memberikan beberapa manfaat kesehatan. National Center of Biotechnology Information disebutkan ada hasil penelitian tentang ekstrak cincau menunjukkan kemampuan cincau untuk menginduksi respon imun yang diperantarai sel secara in vitro.

Sebagai serat makanan, ekstrak cincau memiliki sifat pencahar dan secara efektif dapat menginduksi pertumbuhan bakteri penghasil asam laktat di usus besar.

Kemudian penelitian itu menyimpulkan, produk fermentasi ekstrak cincau menginduksi kematian sel. Namun dibutuhkan penelitian lebih lanjut untuk memahami mekanisme kerjanya.

Studi ini juga menunjukkan untuk pertama kalinya bahwa sumber serat makanan tradisional Indonesia ini dapat melindungi terhadap kanker kolorektal.

Nah, manfaat apa saja yang diberikan cincau hijau untuk tubuh? Simak ulasan yang sudah dirangkum Liputan6.com dari berbagai sumber seperti berikut.

 

*** Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Simak Video Pilihan di Bandung

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Obat Demam

1. Obat demam dan sakit tenggorokan

Sensasi dingin dan adem biasanya didapat seketika setelah cincau hijau melewati tenggorokan. Bahkan cincau bisa membuat perut terasa lebih adem dan nyaman.

Tentu saja ini karena kandungan nutrisi seperti alkaloid, flavonoid, saponin, tentradine, dan cardioplegicum serta vitamin A dan B. Kandungan yang bisa jadi bermanfaat untuk mengobati demam dan sakit tenggorokan.

Selain itu ada senyawa anti-toksin ini lebih dari mampu mengobati gejala demam.

2. Menstabilkan gula darah

Manfaat cincau hijau adalah untuk mengendalikan gula darah yang tentu saja berguna untuk penderita diabetes. Daun cincau kaya akan bisbenzylisoquinoline (alkaloid) dan klorofil yang berguna untuk menstabilkan kadar gula darah.

3. Penangkal kanker

Manfaat cincau hijau sebagai penangkal kanker didapat dari senyawa isokandrodendrin dan S-S tetandrin. Mereka adalah senyawa yang ampuh dalam menghilangkan sel tumor pada kanker hati, ginjal, paru-paru, payudara dan leher rahim.

4. Antimalaria

Studi ilmiah menunjukkan bahwa rebusan akar cincau adalah obat yang berguna untuk pencegahan malaria karena kaya akan senyawa alkaloid tertentu.

Penulis Mega Dwi Anggraeni

3 dari 3 halaman

Obat Maag

5. Obat maag alami

Cincau mengandung vitamin C antioksidan pada klorofil daun cincau dapat membantu mengatasi radang lambung yang dialami seseorang yang memiliki kelainan asam lambung. Senyawa tersebut, akan memperkuat otot dinding lambung untuk membunuh bakteri penyebab penyakit lambung.

6. Meningkatkan Kesehatan Pencernaan

Daun cincau memiliki senyawa alkaloid serta manfaat vitamin B dan C yang dapat membantu masalah sistem pencernaan.

7. Mengontrol berat badan

Percaya atau tidak, cincau juga bermanfaat untuk mengontrol berat badan karena kandungan kalori pada cincau cukup rendah meski mengandung gula.

Kandungan gula sederhana pada cincau berguna sebagai sumber energi yang tidak dengan sendirinya menyebabkan penambahan berat badan.

8. Mencegah osteoporosis

Kandungan mineral magnesium, kalsium dan fosfor yang cukup tinggi pada daun cincau berguna untuk regenerasi sel tulang yang keropos. Kandungan yang bermanfaat adalah, untuk menyehatkan tulang dalam pembentukan sel darah yang rusak.

Rajin mengonsumsi cincau, maka Anda bisa menjaga kesehatan tulang hingga usia tua.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.