Sukses

Hore, Sumut Kini Punya 2 Stasiun Pengisian Kendaraan Listrik Umum

Stasiun Pengisian Kendaraan Listrik Umum (SPKLU) kedua di Sumatera Utara (Sumut) hadir. Kali ini SPKLU dihadirkan PLN Unit Induk Wilayah (UIW) Sumut di City View Polonia, Kota Medan.

Liputan6.com, Medan Stasiun Pengisian Kendaraan Listrik Umum (SPKLU) kedua di Sumatera Utara (Sumut) hadir. Kali ini SPKLU dihadirkan PLN Unit Induk Wilayah (UIW) Sumut di City View Polonia, Kota Medan.

SPKLU tersebut sebagai bentuk kampanye penggunaan Kendaraan Bermotor Listrik Berbasis Baterai (KBLBB) dalam mendukung pengurangan impor Bahan Bakar Minyak (BBM) dan meningkatkan ketahanan energi di Indonesia, khususnya di Sumut.

Peresmian SPKLU kedua di Sumut ini dilakukan General Manager PLN UIW Sumut, Pandapotan Manurung, secara simbolis melakukan pengguntingan pita di dampingi Senior Manager Niaga dan Manajemen Pelanggan, Chairuddin, Manager UP3 Medan, Hariadi Fitrianto, beserta jajaran manajemen PLN UIW Sumut.

"Kami berharap semakin banyak kehadiran SPKLU di Sumut dapat mendukung dan mempercepat terwujudnya ekosistem kendaraan listrik, dan mendukung pengusaha penyedia kendaraan listrik," kata Pandapotan, Minggu (23/1/2022).

Dijelaskannya, sebagai salah satu perusahaan BUMN yang bergerak dibidang ketenagalistrikan, PLN terus bergerak memberikan dukungan dalam memasifkan kendaraan listrik di Medan sebagai kota metropolitan ketiga di Indonesia.

"Proyeksi Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) dalam Grand Strategi Energi Nasional di 2030 jumlah mobil listrik ditargetkan sekitar dua juta unit dan motor listrik sekitar 13 juta unit," jelasnya.

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Saksikan video pilihan di bawah ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Fasilitas Fast Charging

SPKLU yang dioperasikan kali ini memiliki fasilitas fast charging, sehingga pengguna dapat melakukan pengisian daya kendaraan listrik relatif lebih cepat. Untuk pengisian daya mobil listrik hanya membutuhkan waktu kurang dari 3 jam untuk mencapai 100 persen.

General Manager PLN UIW Sumut, Pandapotan Manurung menuturkan, pengguna SPKLU dapat melakukan pengisian tersebut melalui aplikasi PLN Mobile yang telah terintegrasi pada aplikasi Charge.in.

"Saat ini terdapat dua unit SPKLU telah beroperasi di Kota Medan dan sekitarnya. Kedepannya akan kami bangun SPKLU lainnya di lokasi objek wisata dan lokasi strategis lainnya," Pandapotan menandaskan.

3 dari 3 halaman

SPKLU Pertama

Sebelumnya pada Kamis, 9 Desember 2021, SPKLU pertama di Sumut resmi beroperasi. SPKLU pertama ini berada di halaman Kantor PLN ULP Medan Kota, Jalan Listrik, Medan.

Wali Kota Medan, Bobby Nasution, meresmikan SPKLU pertama di Sumut. Bahkan Bobby berkesempatan menjajal salah satu mobil listrik yanga ada di sana.

"Ini hal baru, pertama di Sumut, dan di Kota Medan telah ada SPKLU. Ini sebuah terobosan baru di Medan sebagai kota terbesar ketiga di Indonesia," kata Bobby saat persemian.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.