Sukses

Amankan Natal dan Tahun Baru, Polda Sulut Terjunkan Ribuan Personel

Liputan6.com, Manado - Guna memantapkan pengamanan Natal 2021 dan Tahun Baru 2022 (Nataru), Polda Sulut melaksanakan Apel Gelar Pasukan Operasi Lilin Samrat 2021, Kamis (23/12/2021), di lapangan SPN Polda Sulut, Karombasan, Kota Manado.

Apel dipimpin Gubernur Sulut Olly Dondokambey, dihadiri Kepala Polda Sulut  Irjen Pol Mulyatno bersama Forkopimda Sulut. Peserta apel personel TNI, Polri, unsur Pemerintah Daerah, serta instansi terkait lainnya.

Kapolri Jenderal Polisi Listyo Sigit Prabowo dalam amanat tertulis dibacakan Olly mengatakan, apel gelar pasukan ini sebagai bentuk pengecekan akhir kesiapan pelaksanaan Operasi Lilin 2021 dalam rangka pengamanan Natal dan Tahun Baru. Menyangkut aspek personel maupun sarana prasarana, serta keterlibatan unsur terkait seperti TNI, Pemerintah Daerah, dan Mitra Kamtibmas lainnya.

"Dalam pelaksanaan pengamanan Nataru, Polri telah mempersiapkan 83.917 personel Polri, 15.842 personel TNI, serta 55.086 personel instansi terkait lainnya," ujar Olly membacakan amanat.

Lanjutnya, personel tersebut akan ditempatkan pada 1.607 pos pengamanan untuk melaksanakan pengamanan gangguan kamtibmas dan kamseltibcarlantas, serta 675 pos pelayanan untuk pengamanan di pusat keramaian, pusat perbelanjaan, stasiun, terminal, bandara, pelabuhan dan lain-lain.

“Pengamanan ini tidak boleh dianggap sebagai agenda rutin tahunan biasa, sehingga menjadikan kita cenderung meremehkan dan kurang waspada terhadap setiap dinamika perkembangan masyarakat, apalagi di masa pandemi Covid-19 saat ini,” ujarnya.

 

 

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

2 dari 2 halaman

24 Desember - 2 Januari

Diketahui, Operasi Lilin ini dilaksanakan serentak di seluruh Indonesia selama 10 hari, mulai 24 Desember 2021 hingga 2 Januari 2022 mendatang.

Kabid Humas Polda Sulut Kombes Pol Jules Abraham Abast menerangkan, dalam pengamanan Nataru ini Polda Sulut dan jajaran menugaskan 6.008 personel Polri.

“Dengan perincian, Satgas Polda Sulut sebanyak 1.900 personel, dan Satgas Polresta/Polres jajaran 4.108 personel,” jelas Abast.

Abast mengatakan, personel Polda Sulut dan jajaran tersebut akan ditugaskan di sejumlah titik pengamanan. Antara lain di gereja, terminal, pelabuhan, bandara, pusat perbelanjaan, obyek wisata, dan obyek pergantian tahun di Sulut.