Sukses

Soal Kesiapan Laksanakan PTM, USU Diminta Pastikan Semua Berjalan Sesuai SOP

Musa Rajekshah didaulat sebagai Keynote Speaker pada Diskusi Publik Hybrid bertema “Mengukur Kesiapan Universitas Sumatera Utara (USU) dalam Penerapan Pembelajaran Tatap Muka (PTM) di Tengah Situasi New Normal.

Liputan6.com, Medan Musa Rajekshah didaulat sebagai Keynote Speaker pada Diskusi Publik Hybrid bertema “Mengukur Kesiapan Universitas Sumatera Utara (USU) dalam Penerapan Pembelajaran Tatap Muka (PTM) di Tengah Situasi New Normal.

Wakil Gubernur Sumatera Utara (Wagub Sumut) menyampaikan, PTM atau kuliah tatap muka terbatas yang sudah dapat dilakukan berdasarkan Surat Edaran Nomor 4 Tahun 2021 Tentang Penyelenggaraan Pembelajaran Tatap Muka Tahun Akademik 2021/2022 oleh Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi Kemendikbudristek harus dilaksanakan dengan sebaik mungkin, sesuai dengan pedoman yang ada.

"Kami hanya berharap agar dalam beraktivitas, khususnya di lingkungan USU nantinya bisa tetap mematuhi protokol kesehatan," kata Musa Rajekshah secara daring, Sabtu, 13 November 2021.

Menurut Ijeck, sapaan akrab Musa Rajekshah, Perguruan Tinggi (PT) yang siap melakukan PTM, khususnya USU, harus membentuk Satuan Tugas (Satgas) Covid-19, serta menyiapkan sarana dan prasarana kebutuhan protokol kesehatan dalam mencegah penyebaran Covid-19. Juga memastikan semuanya berjalan sesuai Standar Operasional Prosedur (SOP).

Pihak perguruan tinggi juga harus menerbitkan pedoman pembelajaran, wisuda, hingga kegiatan lain di kampus, dan memastikan orang tua atau wali mahasiswa sudah menyetujui anaknya ikut tatap muka.

"Untuk sarana prasarana lakukan penyemprotan disinfektan, periksa ketersediaan air mengalir, sabun cuci tangan, masker, thermogun yang berfungsi dengan baik. Vaksinasi juga menjadi syarat mengikuti PTM," sebutnya.

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Saksikan video pilihan di bawah ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Kelompok Belajar

Ijeck juga meminta USU untuk membuat kelompok belajar, mengatur jadwal masuk antarkelompok, hingga mengatur posisi meja, kursi, dan lalu lintas di dalam kampus.

"Semua harus dilakukan secara detail, mana pintu gerbang masuk, pintu keluar, sehingga tidak ada kerumunan. Pihak kampus lebih paham, karena pandemi belum usai," ujarnya.

Disampaikan Ijeck, Pemerintah Provinsi (Pemprov) Sumut mendukung USU yang sudah siap melakukan tatap muka, diharapkan semua yang dilakukan tetap harus dikoordinasikan dan dikomunikasikan.

"Pemerintah juga akan terus mendorong vaksinasi hingga ke desa dan kelurahan," ucapnya.

3 dari 3 halaman

Pastikan SOP

Wakil Rektor I Bidang Akademik, Kemahasiswaan, dan Kealumnian USU, Edi Ikhsan menjelaskan, pihaknya terus memastikan SOP pembelajaran luring yang ditetapkan Satgas Covid-19 USU dan pemerintah berjalan baik.

"Keputusan yang dikeluarkan USU atas PTM hasil dari komunikasi intens dan berbagi koordinasi lintas sektoral," sebutnya.

Diterangkan Edi, persiapan USU menyongsong kuliah tatap muka di awal tahun 2022, selain koordinasi antara Satgas Covid-19 USU dan Satgas Covid-19 adalah menyusun buku panduan penyelenggaraan kegiatan akademik.

"Buku panduan ini akan terus kami sosialisasikan ke seluruh civitas akademik secara teratur, sehingga diharapkan mampu menumbuhkan persepsi yang sama di antara dosen dan peserta didik," terangnya.

Edi mengakui, sudah ada 9 fakultas yang tengah melakukan praktikum melaksanakan kegiatan luring atau tatap muka dengan skema hybrid, dan akhir tahun pihaknya akan melakukan evaluasi, sehingga awal 2022 kegiatan luring bisa terlaksana lebih baik lagi.

"Kami akan terus melakukan sosialisasi dengan berbagai cara, seperti memasang imbauan di tempat strategis di dalam kampus," Edi menandaskan.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.