Sukses

Kejurnas Balap Sepeda di Tengah Bayang-Bayang Covid-19 di Garut

Liputan6.com, Garut - Terhitung mulai esok hari hingga 27 Oktober mendatang, beberapa rute jalur lalu lintas di Kabupaten Garut, Jawa Barat, bakal digunakan untuk menggelar Kejuaraan Nasional (Kejurnas) Balap Sepeda ICF Nasional Championship 2021.

“Nanti akan ada para pebalap dari 34 provinsi se Indonesia. Garut kan jadi terkenal karena ada even bertaraf nasional,” ujar Bupati Garut Rudy Gunawan.

Menurutnya, sebuah kebanggaan bagi Garut mendapatkan jatah untuk menggelar kejurnas balap sepeda profesional, di tengah pandemi Covid-19.

“Kami dan pemerintah daerah berterima kasih kepada ISSI yang memberikan kepercayaan penyelenggaraan balap sepeda nasional,” ujarnya.

Selain mampu memotivasi pebalap sepeda lokal untuk naik kelas, kejurnas itu diharapkan mampu menggairahkan ekonomi masyarakat di tengah perlambatan ekonomi saat ini.

“Kami sangat mendukung, dan even ini juga bisa dimanfaatkan untuk memperkenalkan wisata dan produk Garut,” kata dia.

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

 

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini:

2 dari 2 halaman

Ajang Promosi

Hal senada disampaikan Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Garut, Budi Gan Gan. Menurutnya, kejuaraan itu diharapkan mampu menarik animo wisatawan untuk datang ke kota Intan Garut.

“Ini wadah promosi efektif bagi produk-produk UKM Mandiri, mitra binaan BUMN, Dinas di Garut, termasuk para pelaku usaha lokal, perusahaan nasional dan multi nasional,” ujarnya.

Untuk memeriahkan pembukaan kejurnas tersebut, lembaganya siap menyajikan ragam pertunjukan seni dan budaya khas masyarakat Garut. “Beragam acara mulai dari Prosesi Opening Ceremony Kejurnas ISSI 2021, gelaran seni Gebyar Pesona Budaya Garut,” kata dia.

Sementara beberapa produk yang akan ditampilkan selama kejurnas berlangsung, meliputi produk sepeda dan aksesorisnya, makanan dan minuman, termasuk kerajinan khas Kabupaten Garut.

“Pameran sepeda dan UMKM dan Gebyar vaksin sudah siap dilaksanakan di area tersebut,” ujar dia.

Selain itu, agar kejuaraan lebih semarak, Budi mengajak masyarakat mensukseskan kegiatan tersebut, termasuk menyambut setiap peserta di tiap jalur yang dilewati sebagai bentuk dukungan.

“Acara ini diprakarsai oleh Pemerintah Kabupaten garut, Pengurus Provinsi ISSI Jawa Barat, Disparbud, Diskomimfo, Diskop, Dispora, Koni, unsur YNI, Polri, Dishub, dan instansi lainnya,” ujar dia merinci dukungan kegiatan tersebut.