Sukses

5 Tempat Snorkeling di Yogyakarta yang Wajib Dicoba

Liputan6.com, Yogyakarta - Yogyakarta memiliki sederet pantai yang cocok untuk melakukan snorkeling. Snorkeling atau berenang di permukaan laut dapat menjadi pilihan untuk menikmati pemandangan di bawah laut dengan biaya yang relatif murah di Yogyakarta.

Berikut sederet pantai di Yogyakarta yang cocok untuk snorkeling.

1. Pantai Sadranan

Pantai Sadranan berada di kawasan Tepus, Gunungkidul, Yogyakarta ini bersebelahan langsung dengan Pantai Sundak. Pantai ini menyajikan keindahan bawah laut yang belum tercemar sampah, sehingga cukup mudah bagi wisatawan untuk melihat biota laut dari permukaan. Di dalam air, wisatawan bisa melihat aneka terumbu karang dan ikan-ikan kecil beraneka warna.

Di pantai ini juga terdapat persewaan alat snorkeling dan pemandu yang siap memberikan arahan bagaimana cara melakukan snorkeling dan di mana spot yang paling seru untuk melakukan snorkeling. Wisatawan tidak perlu takut jika belum pernah snorkeling karena pemandu akan memilihkan tempat yang cocok bagi pemula.

Tarif menyewa peralatan snorkeling dibanderol Rp 25.000 untuk waktu 2 jam. Wisatawan juga dapat mengabadikan moment saat snorkeling di Yogyakarta dengan menambah biaya Rp 10.000 untuk petugas yang siap memotret wisatawan di dalam air.

 

 

 

 

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Saksikan video pilihan berikut ini:

2 dari 3 halaman

2. Pantai Slili

Pantai Slili berlokasi di antara pantai Krakal dan tak jauh dari Pantai Sadranan. Tak kalah dengan Pantai Sadranan, di Pantai Slili pemandangan bawah lautnya juga menarik untuk dilihat sambil snorkeling.

Wisatawan juga dapat menyewa peralatan snorkeling dan akan dipandu oleh pemandu. Selain itu pemandu juga bisa mengambilkan foto kegiatan snorkeling di bawah air.

Ukuran garis pantai yang terbilang kecil justru membuat wisatawan lebih nyaman untuk snorkeling karena tak banyak orang yang datang. Wisatawan bisa melakukan aktivitas snorkeling pada pagi hari karena ombak belum besar dan ikan-ikan sedang merapat ke bibir pantai untuk mencari makan. Tarif untuk snorkeling adalah Rp 50.000 sudah termasuk dengan alat snorkeling, pemandu dan foto.

3. Pantai Wediombo

Di pantai Wdiombo ada dua lokasi snorkeling yang bisa dipilih. Di bibir pantai atau di tengah laut yang dapat dicapai dengan naik perahu untuk sampai ke tengah laut.

Pantai Wediombo dikenal sebagai penyedia paket snorkeling lepas pantai pertama di Yogyakarta, sehingga cocok untuk wisatawan yang ingin memacu adrenalin dengan snorkeling di lepas pantai. Selain snorkeling di tengah laut sambil melihat pemandangan, wisatawan juga bisa bersantai dan berenang karena arus air laut cenderung tenang.

Wisatawan dapat menikmati sensasi snorkeling di lepas pantai Wediombo dengan minimal enam orang peserta. Untuk para pemula, snorkeling di bibir pantai dapat menjadi pilihan karena pemandangan di bibir pantainya juga tak kalah menarik.

Terlebih lagi terdapat sebuah laguna di dekat pantai yang juga menarik untuk dijelajahi dengan cara snorkeling di sana. Tarif snorkeling di pantai  Wediombo yakni Rp 30.000, sedangkan di lepas pantai seharga Rp 80.000.

 

3 dari 3 halaman

4. Pantai Nglambor

Pantai Nglambor yang masih terletak di kawasan Gunungkidul menjadi pilihan selanjutnya untuk melakukan aktivitas snorkeling di Yogyakarta. Ombak pantai Nglambor cenderung kecil dan arus air lautnya tenang sehingga menjadi tempat yang aman untuk snorkeling. Karang-karang besar yang terletak di tengah laut  dapat memecah ombak yang datang, sehingga pantai menjadi lebih aman dan nyaman.

Wisatawan dapat melakukan snorkeling di sini pada pagi hari karena banyak ikan berkumpul dan terumbu karang bisa dilihat dari atas air laut. Sebelum datang untuk snorkeling, wisatawan dapat bertanya terlebih dahulu ke pihak pengelola di sosial media untuk memastikan kondisi ombak di pantai Nglambor.

Tarif snorkeling di pantai ini adalah Rp 50.000 dan sudah termasuk peralatan snorkeling, foto dan dipandu oleh pemandu.

5. Pantai Drini

Pantai Drini juga terletak di kawasan Gunungkidul. Pantai ini terbagi menjadi dua bagian yakni kawasan pantai dan laguna. Laguna di pantai ini dapat digunakan untuk melalukan snorkeling. Di dalamnya terdapat ikan-ikan kecil dan terumbu karang yang menarik untuk dijelajahi.

Snorkeling di pantai ini sebaiknya dilakukan saat pantai sedang surut agar tidak ada ombak besar yang berbahaya bagi keselamatan wisatawan. Saat pantai sedang surut, wisatawan dapat bersnorkeling ke bagian agak tengah laut tempat berkumpulnya ikan-ikan dan terumbu karang. Tak perlu khawatir karena ada petugas yang akan membantu para wisatawan yang melakukan snorkeling.

Tarif untuk snorkeling di pantai Drini yakni Rp 50.000,sudah termasuk peralatan snorkeling dan kamera untuk berfoto di bawah laut.

 

(Tifani)