Sukses

Kuliner Mi Ayam Unik di Yogyakarta, Dilempar Sebelum Disajikan

Liputan6.com, Yogyakarta - Tak hanya terkenal karena tempat wisatanya yang indah, Yogyakarta juga terkenal karena kulinernya yang lezat, menggugah selera dan unik. Salah satu kuliner dengan penyajian yang unik adalah Mie Ayam Terbang Lempar di Yogyakarta.

Mie Ayam Terbang Lempar telah berdiri sejak 1991 dan berlokasi di Jalan Kolonel Sugiyono Nomor 99, Wirogunan, Margangsan, Yogyakarta. Tepatnya berada di simpang empat Taman Siswa.

Mi ayam diambil dari panci menggunakan serok dan dilempar ke atas kira kira setinggi 1 hingga 1,5 meter setidaknya 2 hingga 3 kali. Selain menjadi ciri khas, proses ini juga dilakukan untuk meniriskan air yang ada, sehingga ketika disajikan rasa yang dihasilkan akan lebih nikmat.

Biasanya sebelum melempar mi, penjual akan mengetukkan sumpit sebanyak dua kali sebagai kode agar tidak ada orang yang lewat dibelakangnya. Jadi, andaikata mi yang dilempar sedikit ke belakang, maka penjual tidak akan menabrak orang di dekatnya.

Dari segi penampilan, Mie Ayam Terbang Lempar sama seperti mi ayam lainnya. Mi ayam ini menggunakan mi yang berukuran kecil dengan tekstur yang lembut dan mengulur serta topping sawi dan ayam yang cukup melimpah.

Rasa Mie Ayam Terbang Lempar mampu diadu dengan mi ayam lain. Pada gigitan pertama, pengunjung akan merasakan sensasi gurih dengan bumbu rempah yang cukup kuat.

Pengunjung dapat menikmati sajian ini setiap hari mulai pukul 18.30 hingga 01.00 WIB. Harga yang dibanderol untuk satu porsi mi ayam di Yogyakarta ini relatif ramah di kantong, yakni hanya Rp10.000 per porsi.

Penulis: Yohana Nabilla

Saksikan video pilihan berikut ini:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.