Sukses

Waspada, Bencana Intai Sumbar hingga Akhir Tahun

Banjir, banjir bandang, longsor intai Sumatera Barat.

Liputan6.com, Padang - Beberapa waktu terakhir Sumatera Barat dilanda sejumlah bencana alam, mulai dari longsor hingga banjir. Potensi bencana masih mengintai provinsi ini mengingat cuaca yang masih tak menentu.

Sejumlah tersebut di antaranya, longsor di jalan lintas Padang-Solok pada 24 September 2021. Akibatnya, arus lalu lintas sempat terputus.

Kemudian berselang dua hari banjir juga melanda Kabupaten Pasaman Barat tepatnya di Kecamatan Kinali. Puluhan KK terdampak dalam bencana alam itu.

Lalu, pada 28 September 2021, hujan deras mengguyur Kota Padang dan mengakibatkan banjir di Jondul Rawang dan sejumlah titik mengalami genangan air.

Kalaksa Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Sumbar, Erman Rahman mengatakan potensi bencana mengintai provinsi ini hingga akhir tahun.

"Iya cuaca ekstrem dengan intensitas cukup tinggi diprediksi hingga akhir tahun ini," katanya, Selasa (28/9/2021).

Ia juga mengingatkan masyarakat yang tinggal di lokasi rawan bencana agar selalu meningkatkan kewaspadaan. Erman Rahman menyebutkan, potensi bencana yang perlu diantisipasi hingga akhir tahun ini berupa banjir, banjir bandang, dan longsor.

Untuk mengantisipasi dampak bencana hingga penghujung tahun nanti, pihaknya sedang menyiapkan Surat Keputusan (SK) Gubernur Sumbar tentang Siaga Darurat Bencana sampai 31 Desember 2021.

"Iya kita akan siaga darurat bencana alam hingga akhir tahun," ia menambahkan.

 

Saksikan juga video pilihan berikut ini:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.