Sukses

Kata Dokter Hewan soal Viral Video Harimau Kurus dan Makan Rumput di Medan Zoo

Sebuah video memperlihatkan seekor harimau sumatera dengan kondisi kurus di Kebun Binatang Medan atau Medan Zoo sedang memakan rumput viral di media sosial Instagram. Video diunggah akun @pembelasatwaliar, Kamis, 23 September 2021.

Liputan6.com, Medan Sebuah video memperlihatkan seekor harimau sumatera dengan kondisi kurus di Kebun Binatang Medan atau Medan Zoo sedang memakan rumput viral di media sosial Instagram. Video diunggah akun @pembelasatwaliar, Kamis, 23 September 2021.

Hingga kini, video tersebut telah memiliki hingga 15.900-an tayangan dan 390-an komentar. Keterangan video berisi, “Beredar sebuah video harimau kurus yang sedang makan rumput di salah satu kebun binatang di Kota Medan,” demikian petikan kalimat keterangan video.

Terkait hal tersebut Dokter Hewan di Medan Zoo, Drh Yona Dumaica, yang dikonfirmasi wartawan pada Jumat (24/9/2021) mengatakan, harimau yang berada di dalam video tersebut benar salah satu satwa di Medan Zoo, dan kondisinya sedang sakit.

"Benar, harimau sumatera yang berada di sini (Medan Zoo). Nama harimau itu Bintang Baringin, berjenis kelamin jantan, dan berusia 10 tahun," kata Yona.

Diungkapkannya, Harimau Bintang Baringin diketahui sakit sejak 3 bulan lalu, atau Juni 2021. Berdasarkan pemeriksaan yang dilakukan, harimau tersebut mengalami infeksi pencernaan yang disebabkan oleh virus salmonella.

"Jadi, yang kelihatan itu harimau muntah-muntah. Namun untuk saat ini intensitasnya sudah berkurang. Saat ini terus dalam perwatan untuk pemulihan kesehatan," ungkapnya.

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Saksikan video pilihan di bawah ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Akan Dilakukan PCR

Disinggung apakah ada kemungkinan harimau tersebut terinfeksi Covid-19, Yona menegaskan tidak ada mengarah. Sebab, sejauh ini Harimau Bintang Baringin tidak mengalami masalah pada saluran pernapasannya.

Namun demikian, pihaknya akan melakukan koordinasi dengan pihak terkait untuk melakukan Polymerase Chain Reaction (PCR). Dalam waktu dekat juga, pihaknya akan mengambil sampel darah harimau tersebut.

"Terakhir, cek darah tahun lalu. Tahun ini belum," ujarnya.

3 dari 3 halaman

Penjelasan Harimau Makan Rumput

Terkait harimau makan rumput hingga viral, Yona menjelaskan bahwa hal itu memang lazim. Hal itu biasanya dilakukan satwa jenis kucing-kucingan, dan salah satunya harimau untuk membantu pencernaan, karena ada istilah hair ball atau rambut gulung.

"Kondisi hair ball itu terjadi saat harimau menjilat tubuhnya, lalu bulunya tertelan. Bulu-bulu tersebut terkumpul di pencernaan. Nah, itu yang harus mereka (harimau) keluarkan, yaitu tadi makan rumput, lalu dimuntahkan," tandasnya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.