Sukses

Donasi Masyarakat Bantu Ratusan Satwa di Medan Zoo Tak Kelaparan

Liputan6.com, Medan - Pandemi virus Corona COVID-19 turut berdampak terhadap ratusan ekor satwa koleksi Kebun Binatang Medan atau Medan Zoo. Kebun binatang yang berada di Kelurahan Simalingkar B, Kecamatan Medan Tuntungan, Kota Medan, Sumatera Utara (Sumut) ini tutup sementara.

Akibat penutupan sementara, pihak pengelola Medan Zoo mengalami kesulitan memenuhi kebutuhan pakan ratusan ekor satwa. Sebab selama ini pemasukan berasal dari penjualan tiket.

Direktur Perusahaan Daerah (PD) Pembangunan Kota Medan, Putrama al Khairy mengatakan, persoalan tersebut perlahan mulai teratasi.

Dirinya juga menegaskan, tidak ada rusa yang akan dipotong untuk kebutuhan pakan satwa karnivora di Medan Zoo.

"Koin donasi yang digalang sejak beberapa waktu lalu sudah mencapai angka Rp100 juta," kata Putrama, Minggu (10/5/2020).

Donasi juga masih terus berdatangan. Pemerintah Kota (Pemko) Medan juga akan membantu pakan satwa yang ada di Medan Zoo pada Juni atau Juli 2020.

"Untuk bantuan dari Bank Sumut juga bertambah," ujarnya.

 

**Ayo berdonasi untuk perlengkapan medis tenaga kesehatan melawan Virus Corona COVID-19 dengan klik tautan ini.

Saksikan juga video pilihan berikut:

2 dari 2 halaman

Kebutuhan Pakan Harimau

Disebutkan Putrama, di Medan Zoo saat ini ada 14 ekor harimau. Untuk kebutuhan pakan harimau tidak sedikit, dan pihaknya tidak sampai mengorbankan rusa-rusa untuk dipotong kemudian dijadikan makanan untuk harimau.

"Enggak sampai mengorbankan rusa. Donasi terus masuk, baik berupa bantuan dana, maupun bahan-bahan makanan yang diantar langsung," sebutnya.

Pihaknya pun berencana untuk memberikan plakat sebagai bentuk rasa terima kasih dan penghargaan kepada masyarakat yang telah menjadi donatur.

Berkat bantuan dari para donatur, pengurusan serta kebutuhan pakan satwa-satwa di Medan Zoo dapat teratasi.

Medan Zoo ditutup sementara untuk menghindari penyebaran dan pencegahan COVID-19 sejak 23 Maret 2020.

Kebijakan ini sempat membuat lembaga konservasi yang mengoleksi ratusan satwa itu kesulitan untuk memenuhi kebutuhan pakan.

Pihak Medan Zoo kemudian membuka koin donasi untuk satwa. Selanjutnya bantuan-bantuan berupa pakan dan lainnya terus berdatangan. Rencananya donasi akan ditutup hingga pihak Pemko Medan merealisasikan bantuan yang telah direncanakan.