Sukses

Serunya 'Pertempuran' Tentara RI dengan Amerika Serikat di Langit Pekanbaru

Latihan ini diharap kian mengharmoniskan hubungan Indonesia dengan Amerika Serikat di bidang militer.

Liputan6.com, Pekanbaru - Enam pesawat tempur F-16 dari Amerika Serikat bakal bermanuver di langit Provinsi Riau dalam 10 hari ke depan. Latihan tempur di udara ini akan melibatkan Skadron 16 Lanud Roesmin Nurjadin Pekanbaru dan Skadron 3 Lanud Iswahjudi.

Komandan Wing 6 Lanud Roesmin Nurjadin, Pekanbaru, Kolonel Pnb Jajang Setiawan menjelaskan, ada enam pesawat tempur dari Indonesia berlatih dengan angkatan udara Amerika Serikat itu.

"Pada umumnya latihan bersama ini terkait pertempuran di udara, ada sejumlah manuver yang dilakukan," kata Jajang, Senin siang, 14 Juni 2021.

Jajang menyebut sejumlah koordinat di langit Riau telah terpilih menjadi lokasi pertempuran udara itu. Pihaknya sudah berkoordinasi dengan Air Navigation agar lokasi steril selama latihan berlangsung.

"Selama latihan bersama tidak boleh ada (penerbangan) yang masuk ke lokasi," sebut Jajang.

Selain manuver dan bagaimana cara bertempur di udara, para pilot Indonesia dan Amerika juga akan berbagi ilmu serta pengalaman tempur. Pilot Amerika Serikat akan berbagi bagaimana bertempur dan bermanuver menghadapi pesawat tempur musuh.

"Begitu juga pilot dari kita, punya pengalaman masing-masing," kata Jajang.

Jajang berharap hubungan militer Indonesia dengan Amerika Serikat makin terjalin dengan latihan bersama ini. Begitu juga hubungan antara penerbang yang terlibat dalam latihan ini.

 

Simak video pilihan berikut ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Sambutan Hangat Tentara RI

Sementara itu, petinggi Angkatan Udara Amerika Kolonel Brian A Mc Cullough mengaku takjub dengan keramahan masyarakat Indonesia di Pekanbaru. Mereka tersanjung karena mendapat sambutan yang hangat.

Kolonel Brian mengaku sudah setahun berada di Indonesia untuk kerjasama militer. Untuk di Lanud Roesmin Nurjadin Pekanbaru, Brian menyebut sudah dua kali datang latihan bersama.

"Kami mengapresiasi tuan rumah, ini keramahan luar biasa," kata Brian.

Brian menjelaskan, anggotanya sudah menjalani prosedur protokol kesehatan yang ketat sebelum latihan. Dia menyebut ini penting agar latihan berjalan aman dan sehat.

"Mereka mengikuti semua prosedur protokol kesehatan (Covid-19), dan kami merasa nyaman di sini," kata Brian.

Brian menyebut latihan kali ini merupakan yang terbesar bersama Indonesia. Latihan ini diharap kian mengharmoniskan hubungan Indonesia dengan Amerika di bidang militer.

"Kami berharap latihan meningkatkan hubungan di regional, kami berharap latihan ini bisa ke tingkatan selanjutnya," jelas Brian.

Sebagai informasi, latihan ini bersandikan Cope West 2021. Pesawat F-16 Amerika US Facific Air Force dari pangkalan Misawa sudah tiba akhir pekan lalu.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.