Sukses

Kapolda Sumut Ultimatum McDonald's, Buntut Antrean BTS Meal Picu Kerumunan

Liputan6.com, Medan Kepala Kepolisian Daerah Sumatera Utara (Kapolda Sumut) Irjen Pol ‎RZ Panca Putra Simanjuntak mengultimatum manajemen gerai McDonald's di Kota Medan, sebagai buntut antrean panjang pembelian menu BTS Meal yang memicu kerumunan.

Dikatakan Panca, gerai McDonald's di Medan agar melakukan penghentian sementara transaksi kepada pelanggan atau masyarakat, demi mencegah penyebaran Covid-19. Sebab, sempat terjadi kerumunan orang dengan jumlah besar di gerai McDonald's, Jalan Sisingamangaraja, Kecamatan Medan Kota, pada Rabu, 9 Juni 2021.

"Kita sudah sampaikan kepada pengelola untuk menghentikan sementara kegiatan. Karena mengundang keramaian, dari pusat juga sudah. Disampaikan seperti itu," kata Kapolda, Kamis, 10 Juni 2021.

Jenderal Bintang Dua itu meminta kerja sama manajemen McDonald's di Kota Medan untuk ‎sama-sama menerapkan protokol kesehatan dan pencegahan penyebaran Covid-19 saat menjalani usahanya.

"Saya minta kerja sama. Kita hindari agar tidak berkembang," ujarnya.

** #IngatPesanIbu

Pakai Masker, Cuci Tangan Pakai Sabun, Jaga Jarak dan Hindari Kerumunan.

Selalu Jaga Kesehatan, Jangan Sampai Tertular dan Jaga Keluarga Kita.

2 dari 4 halaman

Antrean Panjang

Antrean untuk membeli BTS Meal sempat memicu kerumunan yang didominasi pengemudi ojek online (ojol) di gerai McDonald's, Jalan Sisingamangaraja, Kecamatan Medan Kota, Kota Medan, Sumut. Selain kerumunan, juga menimbulkan kemacetan.

Informasi diperoleh Liputan6.com, kerumunan terjadi karena antusias masyarakat untuk mendapatkan BTS Meal, yaitu menu kolaborasi McDonald's dengan grup idola asal Korea Selatan, BTS. Menu BTS Meal terdiri atas Mc Chicken Nugget, French Fries, Coca-cola, serta dilengkapi dengan dua macam saus.

Camat Medan Kota, Tengku Chairuniza mengatakan, gerai McDonald's di Jalan Sisingamangaraja terancam disegel oleh Satgas Covid-19 apabila kerumunan kembali terjadi.

"Kalau tidak bisa mengikuti langkah-langkah yang kami arahkan, sehingga menimbulkan kerumunan lagi, kemungkinan bisa dilakukan penyegelan," kata Chairuniza.

3 dari 4 halaman

Merasa Kecolongan

Diungkapkan Chairuniza, pihaknya kecolongan karena tidak menerima pemberitahuan terkait kerumunan untuk mendapatkan BTS Meal yang terjadi di gerai McDonald's Jalan Sisingamangaraja.

"Kami terkejut, tidak ada pemberitahuan kepada kecamatan maupun Polsek. Mendapat informasi, kami langsung mengambil langkah dan mengimbau kepada yang bertanggung jawab. Hasilnya, kerumunan terurai," ungkapnya.

4 dari 4 halaman

Saksikan video pilihan di bawah ini: