Sukses

Kasus Baru Covid-19 di Sulut Menurun, Warga Mulai Enggan Kenakan Masker

Liputan6.com, Manado - Jubir Satgas Covid-19 Provinsi Sulut dr Steaven Dandel melaporkan terus terjadi penurunan jumlah kasus aktif Covid-19. Persoalan yang kemudian muncul adalah warga mulai longgar menerapkan protokol kesehatan, seperti mengenakan masker.

"Iya memang, perlu diimbau terus ke masyarakat Sulut agar ketat menerapkan protokol kesehatan, termasuk mengenakan masker," kata Dandel, Senin (10/5/2021).

Dandel mengatakan, enggannya warga mengenakan masker dan kendor menerapkan protokol kesehatan karena berasumsi bahwa pandemi sudah selesai. Padahal pandemi ini masih terjadi, jangan sampai lengah dengan tidak menerapkan protokol kesehatan.

'Pandemi belum berakhir, protokol kesehatan harus terus secara ketat diterapkan," kata Dandel.

Dia juga melaporkan perkembangan jumlah kasus Covid-19 di Sulut, ada penambahan 1 kasus baru positif dari Kota Tomohon. Sehingga jumlah akumulasi pasien terkonfirmasi positif Covid-19 sebanyak 15.664 orang.

"Sedangkan pasien Covid-19 yang sembuh bertambah 6 orang, jumlah akumulasinya mencapai 13.567 orang dengan angka kesembuhan sebesar 86,61 persen," ungkap Dandel.

Jumlah pasien Covid-19 di Sulut yang meninggal dunia tidak mengalami penambahan dalam beberapa hari terakhir ini, jumlah akumulasinya tetap sebanyak 527 orang. Angka kematian atau case fatality rate pasien Covid-19 sebesar 3,36 persen.

"Untuk kasus aktif Covid-19 di Sulut sebanyak 1.570, atau sebesar 10,03 persen," ujarnya.

2 dari 2 halaman

Simak juga video pilihan berikut: