Sukses

Tips Bijak Mengelola Keuangan Jelang Lebaran

Akhmad Akbar Susamto, Dosen Fakultas Ekonomika dan Bisnis (FEB) UGM memberikan tips agar masyarakat bijak mengelola keuangan menjelang lebaran terlebih di tengah pandemi Covid-19

Liputan6.com, Yogyakarta - Kebiasaan masyarakat berbelanja lebaran terkadang membuat kantong bolong alias boros. Akhmad Akbar Susamto, Dosen Fakultas Ekonomika dan Bisnis (FEB) UGM memberikan tips agar masyarakat bijak mengelola keuangan menjelang lebaran terlebih di tengah pandemi Covid-19.

"Kemungkinannya situasi ini masih akan bertahan hingga beberapa bulan ke depan bahkan akhir tahun 2021. Karenanya, penting untuk siapa pun menggunakan uang secara bijak, tidak dihabiskan semua untuk lebaran," ujarnya, Kamis (6/5/2021).

Ia mengatakan di tengah situasi pandemi ini masyarakat sebaiknya fokus pada hal-hal fungsional saja dan menghindari kebutuhan lain yang bersifat tidak fungsional.

Menurutnya, bagi masyarakat yang memiliki kelebihan uang agar dapat menggunakan uang tersebut untuk membantu masyarakat yang membutuhkan atau bersedekah. Sebab, di tengah pandemi Covid-19 tidak sedikit pekerja yang pendapatannya menurun bahkan tidak memiliki pekerjaan.

"Misal ada kelebihan uang sangat disarankan untuk membantu yang kesusahan. Bukan semata-mata hanya untuk lebaran saja, tetapi untuk melewati masa krisis saat ini," tuturnya.

Dengan memberikan bantuan kepada mereka yang membutuhkan tidak hanya bisa meringankan beban mereka, tetapi juga membantu bangsa Indonesia untuk segera keluar dari krisis ekonomi saat ini.

Simak video pilihan berikut ini:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.