Sukses

Menyesap Kopi Sambil Menikmati Layanan Spa Sepeda di Cirebon

Geliat pesepeda menciptakan peluang inovasi usaha dalam upaya meningkatkan ekonomi khususnya di Pantura Jawa Barat di era Pandemi Covid-19

Liputan6.com, Cirebon - Ramainya aktivitas masyarakat menggunakan sepeda dianggap menjadi peluang baru dalam upaya meningkatkan ekonomi di tengah pandemi covid-19.

Tak sedikit para pesepeda mulai menghiasi berbagai aktivitas di tengah masyarakat Cirebon. Mulai dari berangkat kerja hingga gowes bersama pada waktu libur.

Meningkatnya aktivitas bersepeda ini memotivasi Usman Chudori membuka jasa servis dan spa. Para gowes mania Cirebon bisa memanjakan sepedanya di Mimikula Bike n' Spa Cirebon.

"Paduan konsep kedai dan perawatan sepeda kami lihat belum ada di tengah meningkatnya aktivitas bersepeda. Ada juga paket yang kami sediakan untuk adventure trekking dengan sepeda," ujar Pegelola Mimikula Cafe, Bike n Spa Cirebon Usman Chudori, Rabu (24/3/2021).

Paket spa sepeda Cirebon yang ditawarkan beragam dan sesuai kebutuhan. Mulai dari mencuci sepeda hingga menyediakan suku cadang. Mimikula Cafe, Bike n Spa berada di kawasan Ciremai Raya Kelurahan Larangan Kecamatan Harjamukti Kota Cirebon.

Sementara itu, harga jasa spa dan perbaikan sepeda beragam. Untuk cuci sepeda Rp20 ribu, servis ringan Rp15 ribu, servis sedang Rp35 ribu dan servis penuh Rp75 ribu.

"Spa yang dimaksud di sini cuci sepeda dan tidak asal cuci. Sepeda kami bongkar dulu kami bersihkan luar dalam dipasang lagi hingga kinclong seperti baru lagi. Kalau untuk servis di luar pembelian suku cadang ya," kata Usman.

Usaha yang dirintis sejak September 2020 tersebut mendapat respon baik. Terutama para pegiat sepeda dari beragam komunitas.

Dalam sehari, rata-rata pengunjung Mimikula Cafe, Bike n Spa sebanyak 10 orang. Belakangan, kafe tersebut menjadi salah satu tempat nongkrong pecinta sepeda.

"Lamanya waktu Spa Sepeda maksimal 1 jam untuk full service ya. Kalau di luar itu sekitar 30 menitan dan tidak terasa nunggunya karena sambil ngopi," ujar dia.

Saksikan video pilihan berikut ini

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Paket Wisata

Tidak hanya menyediakan layanan spa untuk sepeda saja. Usman mengatakan, Mimikula menyediakan paket wisata alam yang bisa dinikmati bersama para pecinta sepeda.

"Namanya Mimikula Adventure paket ini tujuannya edukasi ke masyarakat. Menggunakan sepeda di trek yang sudah kami siapkan tentunya menarik wisatawan untuk datang," kata dia.

Dia mengatakan, konsep paket wisata yang ditawarkan bernuansa alam. Manajemen Mimikula mengaku sudah berkoordinasi dengan sejumlah objek wisata baru di Pantura Jabar untuk dijadikan daya tarik wisata baru.

Wakil Wali Kota Cirebon Eti Herawati mengatakan paduan kafe dan spa sepeda merupakan terobosan baru di tengah upaya meningkatkan geliat ekonomi saat pandemi covid-19.

"Akan ada paket yang bisa kolaborasi dengan dinas terkait. Ini bukan cuma Mimikula saja, apa pun yang bisa bangkitkan ekonomi dan semangat berkreasi kami dukung penuh," kata Eti.

Eti mengatakan, di tengah upaya membangkitkan ekonomi, pemda se-Ciayumajakuning sudah membuat kesepakatan bersama.

Kesepakatan tersebut dalam rangka membangkitkan gairah pariwisata di Pantura Jawa Barat. Target utamanya, kata Eti, adalah kebersamaan dan sinergi membangun wisata.

"Sudah ada agreement waktu HUT Kota Cirebon 2019 lalu dan disetujui tinggal diwujudkan. Dinas pariwisata se-Ciayumajakuning juga terus berkoordinasi untuk membuat paket pariwisata bersama," ujar Eti.

Menurutnya, kreativitas menjadi kunci utama bertahan di tengah pandemi covid-19. Eti pun mengaku belum menargetkan jumlah pengunjung jika Covid-19 masih menghantui.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.