Sukses

Kabar Baik Bagi Petugas Publik dan Lansia di Sumut, Maret 2021 Divaksinasi Covid-19

Kabar baik bagi petugas publik dan para lanjut usia (lansia) di Sumatera Utara (Sumut). Awal Maret 2021, petugas publik seperti TNI/Polri, DPRD, ASN, pegawai bank, jurnalis hingga lansia akan divaksinasi Covid-19.

Liputan6.com, Medan Kabar baik bagi petugas publik dan para lanjut usia (lansia) di Sumatera Utara (Sumut). Awal Maret 2021, petugas publik seperti TNI/Polri, DPRD, ASN, pegawai bank, jurnalis hingga lansia akan divaksinasi Covid-19.

Kepala Dinas (Kadis) Kesehatan Pemprov Sumut, Alwi Mujahit, di Posko Satgas Penanganan Covid-19 Sumut, Jalan Jenderal Sudirman, Nomor 41, Kota Medan, mengatakan, pihaknya menerima vaksin Covid-19 sebanyak 23.772 vial atau 237.720 dosis.

"Sasaran kita tahap kedua ini ASN, TNI, Polri, yang banyak berinteraksi dengan masyarakat, pelaku pasar, anggota DPRD. Begitu juga pegawai bank, jurnalis, serta para lansia 60 tahun ke atas," kata Alwi, Kamis (25/2/2021).

Disebutkannya, untuk mengikuti vaksinasi tahap ini perusahaan atau pribadi harus mendaftarkan calon penerima vaksin terlebih dahulu. Perusahaan atau kolektif harus mengisi formulir yang disediakan Dinas Kesehatan Pemprov Sumut.

"Bagi lansia bisa menggunakan aplikasi ponsel pintar Peduli Lindungi atau juga website pedulilindungi.id," ujarnya.

** #IngatPesanIbu

Pakai Masker, Cuci Tangan Pakai Sabun, Jaga Jarak dan Hindari Kerumunan.

Selalu Jaga Kesehatan, Jangan Sampai Tertular dan Jaga Keluarga Kita.

Saksikan Video Menarik Berikut ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Banyak Akses Daftar Vaksinasi Covid-19

Alwi menerangkan, banyak pintu masuknya untuk mengakses pendaftaran vaksinasi tahap kedua, ada aplikasi, website, bisa juga melalui medan.kemenkes.go.id atau KPCPEN (Komite Penanganan Covid-19 dan Pemulihan Ekonomi).

"Jadi, setelah registrasi sukses akan ada pemberitahuan kapan dan kemana pendaftar akan diberi vaksin," terangnya.

Vaksin Covid-19 kali ini merupakan pengiriman kelima dari Kementerian Kesehatan Republik Indonesia (Kemenkes RI). Total sampai pada pengiriman kelima ini, Pemprov Sumut telah menerima sekitar 385.400 dosis vaksin Sinovac.

Menurut Alwi, proses vaksinasi untuk petugas publik dan lansia akan dilakukan pada awal Maret. Vaksinasi tahap pertama untuk tenaga kesehatan (nakes) progresnya sudah 80 persen, dan sampai saat ini masih terus berlanjut.

"Dan yang kedua ini kita akan lakukan di awal Maret juga," ujarnya.

3 dari 3 halaman

Sukseskan Program Vaksinasi Covid-19

Koordinator Informasi Satgas Penanganan Covid-19 Sumut/Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika, Irman Oemar, meminta kepada masyarakat untuk menyukseskan program vaksinasi Covid-19.

"Vaksinasi merupakan bentuk perlawanan terhadap Covid-19 setelah melawannya dengan protokol kesehatan," sebutnya.

Masyarakat juga diharapkan memberikan dukungan agar pandemi Covid-19 bisa hilang dari Sumut dan dunia.

"Kita tentu ingin kehidupan bisa kembali normal, anak-anak kembali bersekolah, perkantoran berjalan normal, usaha juga. Mari dukung program vaksinasi ini," ajak Irman.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.