Sukses

BPBD Peringatkan 5 Daerah di Jabar Ancaman Bencana Hidrometeorologi

Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Provinsi Jawa Barat mengingatkan sejumlah daerah rawan bencana di Jabar dalam menghadapi cuaca ekstrem.

Liputan6.com, Bandung - Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Provinsi Jawa Barat mengingatkan sejumlah daerah rawan bencana di Jabar dalam menghadapi cuaca ekstrem.

Kepala BPBD Jabar Dani Ramdan menyebutkan, ada lima daerah yang diberi peringatan khusus terkait potensi bencana. Kelima daerah tersebut yakni Kota Bekasi, Kabupaten Bekasi, Kota Bogor, Kabupaten Bogor, dan Kota Depok.

"Berdasarkan informasi dari BMKG, di daerah itu berpotensi terjadi hujan yang cukup tinggi hingga 6 Februari nanti. Oleh sebab itu, kami sudah mengirim surat agar daerah itu siaga, mengantisipasi bencana hidrometeorologi," ujar Dani, Kamis (4/2/2021).

Menurut Dani, BPBD Jabar secara makro tidak mengeluarkan travel warning kepada masyarakat dalam menghadapi potensi bencana. Menurut Dani, pihaknya hanya mengirim peringatan terfokus ke daerah dengan risiko bencana tinggi.

"Jadi tidak secara makro atau kepada seluruh masyarakat Jawa Barat peringatan itu kami tujukan, tetapi hanya kepada pemerintah daerah yang dipandang berisiko tinggi. Namun, tentunya, kami tetap mengimbau agar seluruh masyarakat tetap waspada terutama yang melakukan perjalanan dan wisata," kata Dani.

Terkait kesiapan alat berat untuk penanganan bencana, Dani menyebutkan alat berat milik Dinas Pekerjaan Umum (PU) sudah siaga di daerah masing-masing, sehingga kapan pun dibutuhkan sudah siap digunakan.

"BPBD Jabar sudah berkoordinasi dengan daerah terutama Dinas PU masing-masing agar menyiagakan alat berat sampai bulan Mei nanti, termasuk kesiagaan di kawasan wisata alam," ujarnya.

Sementara, untuk kesiagaan masyarakatnya sendiri, BPBD Jabar sudah memfasilitasi pelatihan-pelatihan tanggap darurat bencana kepada masyarakat, komunitas, dan lain-lain. Sehingga diharapkan masyarakat sudah memiliki pengetahuan dasar mitigasi bencana.

Simak Video Pilihan di Bawah Ini

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.