Sukses

Aksi Pencurian Tanaman Janda Bolong di Palembang Terekam CCTV

Warga Palembang Sumatera Selatan (Sumsel) menjadi korban pencurian tanaman hias jenis Janda Bolong, yang terekam kamera CCTV di depan rumahnya.

Liputan6.com, Palembang - Di masa pandemi Covid-19 ini, aktivitas rutin di dalam rumah membuat banyak sekali hobi tersalurkan, salah satunya dengan bercocoktanam.

Kini, hobi bercocoktanam ini menjadi booming di Indonesia, dengan banyaknya penjual tanaman hias hingga pot-pot tanaman beragam bentuk.

Di tengah maraknya pemburu tanaman hias, banyak juga aksi pencurian tanaman hias yang terjadi di bebagai daerah di Indonesia.Bahkan berbagai jenis tanaman hias yang sedang naik daun, menjadi incaran para pelaku pencurian.

Seperti yang dialami Ayu Tifani, warga Jalan Sukabangun II Lorong Akasia Kelurahan Sukajaya Kecamatan Sukarami Palembang Sumatera Selatan (Sumsel).

Hobinya mengumpulkan tanaman-tanaman hias di pekarangan rumahnya, ternyata jadi bahan empuk bagi para pelaku pencurian menjalankan aksinya.

Pada hari Sabtu (30/1/2021), Ayu harus merelakan dua pot tanaman jenis Janda Bolong yang raib diambil pencuri.

Bahkan, aksi pencurian tersebut sempat terekam kamera CCTV yang dipasang Ayu di depan rumahnya.

“Pencuri itu mengambil dua pot tanaman hias saya jenis janda bolong. Satu yang sudah besar, satunya lagi masih kecil,” ucap warga Palembang ini, Senin (1/2/2021).

Dari rekaman CCTV di rumahnya, Ayu melihat dua orang pria berboncengan sepeda motor berhenti tepat di depan rumahnya, pada Sabtu siang sekitar pukul 13.15 WIB.

Karena situasi di sekitar rumahnya sepi, salah satu pelaku nekat memanjat pagar rumahnya. Pencuri tersebut langsung mengambil dua pot tanaman Janda Bolong. Sedangkan satu orang lagi, menunggu di depan pagar.

"Saya sebenarnya tidak permasalahkan tanaman saya dicuri, hanya saja saya geram karena memanjat pagar rumah orang. Apalagi saat itu, di rumah memang lagi tidak ada orang," ungkapnya di Palembang.

 

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini :

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Tanaman Aglonema Dicuri

Menurutnya, aksi pencurian tanaman hias di sekitar rumahnya kerap terjadi. Semua tanaman hias yang hilang dicuri, merupakan tanaman hias yang sedang tren dan mudah dijual.

Salah satu tetangganya juga mengalami nasib serupa. Tetangga Ayu kehilangan tanaman hias jenis Aglonema yang sedang laris manis di pasaran.

“Langsung 5 pot hilang. Lalu saya posting di media sosial, ternyata banyak juga teman-teman saya cerita, kalau sering kehilangan bunga," katanya.

3 dari 3 halaman

Tingkatkan Kewaspadaan

Meski telah menjadi korban aksi pencurian, namun dirinya enggan melaporkan kejadian tersebut ke aparat berwajib, karena dia tidak mengalami kerugian yang besar.

Namun dia berharap, agar aksi pencurian yang meresahkan ini bisa segera diatasi oleh aparat kepolisian.

“Bagi masyarakat yang hobi mengoleksi tanaman hias di luar rumah, agar lebih berhati-hati. Karena sering sekali pencurian tanaman hias terjadi di Palembang,” ujarnya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.