Sukses

Protokol Kesehatan Ketat Diterapkan di TPS Lokasi Bobby Nasution Nyoblos

Liputan6.com, Medan Pemilihan Wali Kota dan Wakil Wali Kota (Pilwalkot) Medan pada Pilkada Serentak 2020 kali ini berlangsung di tengah pandemi Virus Corona Covid-19. Di Tempat Pemungutan Suara (TPS) lokasi Bobby Nasution akan memberikan hak suara diterapkan protokol kesehatan ketat.

Bobby bersama istrinya, Kahiyang Ayu, dan anggota keluarga lainnya terdaftar di TPS 022, Kelurahan Asam Kumbang, Kecamatan Medan Selayang, Kota Medan. Di TPS ini tampak petugas Kelompok Penyelenggara Pemungutan Suara (KPPS) menggunakan masker dan face shield.

Tidak hanya itu, di setiap sudut TPS juga tampak hand sanitizer. Sementara di pintu masuk TPS disediakan tempat cuci tangan dan petugas bersiaga memeriksa suhu tubuh bagi setiap masyarakat yang hendak menggunakan hak pilihnya di Pilkada kali ini.

Ketua Kelompok Penyelenggara Pemungutan Suara (KPPS) TPS 022, Ahmad Fauzan mengatakan, terdapat 314 Daftar Pemilih Tetap (DPT). Kemudian ada 7 petugas KPPS dan 2 Linmas yang bersiaga. Di TPS lokasi Bobby nyoblos juga kursi tunggu yang disediakan dibuat berjarak.

"Petugas KPPS diwajibkan menggunakan masker atau face shield, sedangkan masyarakat wajib masker. Ini sesuai protokol kesehatan," kata Fauzan, Rabu (9/12/2020).

** #IngatPesanIbu

Pakai Masker, Cuci Tangan Pakai Sabun, Jaga Jarak dan Hindari Kerumunan.

Selalu Jaga Kesehatan, Jangan Sampai Tertular dan Jaga Keluarga Kita.

2 dari 4 halaman

Konsep Kekeluargaan

Fauzan menyebut, TPS lokasi Bobby Nasution akan memberikan hak suaranya di Pilkada Medan mengusung konsep kekeluargaan. Tujuannya untuk memberikan rasa aman dan nyaman kepada masyarakat saat memilih.

"Biar masyarakat juga dalam memilih tidak ada tekanan apapun," ujarnya.

Disampaikan Fauzan, pihaknya tidak memiliki dekorasi khusus di TPS 022 lokasi Bobby nyoblos. Hanya saja, pihaknya menerapkan protokol kesehatan secara ketat, seperti menyediakan lokasi cuci tangan, hand sanitizer, dan pengecek suhu tubuh.

"Ini sedang pandemi Covid-19. Bagi pemilih (masyarakat) dan petugas di TPS wajib menggunakan masker, juga face shield," sebut Fauzan di TPS yang berlokasi di taman, tepatnya di Komplek Taman Setia Budi Indah, tepatnya di Blok VV.

3 dari 4 halaman

Dipantau Pihak IPDN

Tim pemantau Pilkada dari Institut Pemerintahan Dalam Negeri (IPDN) Hotman Sikumbang saat memantau TPS 022 tempat Bobby nyoblos mengatakan, sejauh pengamatannya, protokol kesehatan telah diterapkan dengan baik.

"Kita hanya sekadar mantau, kalau ada pelanggaran hanya kita catat, nanti sebagai bahan evaluasi," ungkapnya.

Disampaikan Hotman, pihaknya dari IPDN Departemen Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) diperintahkan untuk memantau Pilkada. Tidak hanya di Sumut, tetapi juga di seluruh daerah di Indonesia yang melaksanakan Pilkada.

"Kita hanya melihat, memantau, khususnya protokol kesehatan. Kita dipesankan agar jangan sampai ada pelanggaran protokol kesehatan," tandasnya.

Sementara itu, hingga pukul 09.15 WIB, Bobby Nasution dan istrinya, Kahiyang Ayu, serta anggota keluarga lainnya belum juga tampak memberikan hak suara. Informasi diperoleh, menantu Presiden Joko Widodo atau Jokowi itu akan menggunakan hak suara usai berziarah.

4 dari 4 halaman

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini: