Sukses

Berlatih di Zealot Muaythai Bali, Presenter Vincent Verhaag Temukan Jati Diri

Liputan6.com, Denpasar Gerakannya lincah. Wajahnya begitu serius mendengarkan instruksi. Tak nampak rasa lelah meski ia sudah berlatih cukup lama. Dia adalah [Vincent Verhaag](3981215/ ""), presenter acara petualangan di salah satu stasiun televisi swasta. Siang tadi, Sabtu (7/11/2020) ia nampak serius berlatih di Zealot Muaythai Bali yang beralamat di Jalan Raya Semat Nomor 1 Tibubeneng, Kuta Utara, Badung, Bali.

Vincent dipandu oleh Head Coach Zealot Muaythai, Jerry Luhukay. Meski nampak serius mendengarkan arahan Jerry, namun sesekali ia bercanda gurau dengannya. Yang mengejutkan, Vincent rupanya sudah sejak lama menggeluti olahraga Muaythai ini. "Sudah dari kecil saya menekuni olahraga beladiri Muaythai ini. Sampai sekarang masih terus berlanjut," kata Vincent, Sabtu (7/11/2020).

Kendati begitu, cidera yang cukup serius pada bagian kaki membuat ia sempat vakum cukup lama dalam menggeluti olahraga ini. "Saya sempat vakum lima tahun karena cidera pada bagian kaki," kenangnya.

Setelah pulih, ia kembali berlatih tanpa ada rasa trauma sedikitpun. Presenter yang juga membintangi sejumlah film itu menjelaskan alasannya menetapkan hati untuk terus berlatih di Zealot Muaythai Bali. Di tempat yang tak jauh dari areal persawahan ini ia mengaku menemukan mentor yang tepat dalam menemukan jati dirinya. "Jerry mengajarkan saya untuk menjadi diri sendiri. Dia mentor yang tepat bagi saya menempa jati diri. Alasan lainnya karena memang Jerry sedang naik daun di olahraga ini," katanya.

Satu hal yang ditanamkannya dari Jerry bahwa Muaythai bukan dilatih untuk tampil garang di mata orang, melainkan untuk kesehatan tubuh mereka yang menekuninya. Dari situ, ia merasa pencarian mentor Muaythai dijatuhkan kepada Jerry. Selain itu, ketenangan juga yang menjadi alasan Vincent memilih Zealot Muaythai Bali sebagai tempat menempa ilmu beladirinya. Ya, pemandangan hamparan sawah yang luas membuat jiwanya semakin nyaman dan tentram di tengah aktivitas hiruk pikuk kota. "Pemandangannya luar biasa, jadi tenang otak kita. Selesai berlatih relaksasi dengan melihat hamparan sawah yang hijau dan sejuk," ucap dia.

Sang mentor, Jerry Luhukay menilai Bali cukup memiliki potensi untuk pengembangan olahraga Muaythai. Setelah mendirikan Zealot Muaythai Jakarta, ia langsung merealisasikan cabang keduanya di Pulau Dewata. "Potensi pengembangan olahraga Muaythai di Bali ini cukup besar. Banyak peminatnya dari dalam dan luar negeri," kata dia.

Pada masa pandemi Covid-19, Jerry menjabarkan jika Zealot Muaythai Bali memiliki terobosan berupa privat berlatih di rumah. Program itu ia luncurkan lantaran menyadari kekhawatiran banyak orang akan paparan COVID-19. "Maka, kami memiliki program privat di rumah. Kenapa program itu kami luncurkan, karena olahraga adalah salah satu sarana yang bagus untuk meningkatkan imun kita," tututr dia.

Pada kesempatan itu, Jerry juga berbagi tips menjaga stamina tubuh. Salah satunya adalah dengan rutin berolahraga 2-3 kali dalam seminggu. Tentu juga ditambah dengan istirahat yang cukup dan asupan makanan yang bernutrisi. Jangan lupa juga vitamin sebagai pelengkap vitalitas tubuh kita," sarannya.