Sukses

Berkaca pada Bali, Cagub Ben Bahat Ingin Kembangkan Wisata Budaya di Kalteng

Liputan6.com, Jakarta - Bali dikenal sebagai daerah yang berhasil memanfaatkan budaya sebagai objek wisata. Melihat hal tersebut, Calon Gubernur Kalimantan Tengah Ir Ben Brahim S Bahat ingin sekali memanfaatkan potensi wisata budaya yang dimiliki Kalteng.

Menurut Ben Bahat, Kalteng memiliki ribuan budaya yang bisa dimanfaatkan sebagai objek wisata. Cagub nomor urut satu itu berkomitmen akan mengembangkan budaya-budaya di Kalteng sebagai objek wisata.

"Kita contoh Bali, di sana ada tari Kecak yang bisa sampai mendunia. Itu karena pemerintahnya mau mengembangkan potensi wisata budaya milik mereka. Kita pun bisa demikian," ujar Ben Bahat, Jumat (30/10/2020).

Ben Bahat mengakui jika Kalteng kurang dianugerahi potensi wisata alamnya. Namun, Ben Bahat meyakinkan jika Kalteng dianugerahi budaya-budaya lokal yang bisa dipertontonkan kepada masyarakat luas.

"Kalau mau dibandingkan daerah lain, memang potensi wisata alam kita tidak cukup banyak. Maka kita melihat peluang jika potensi wisata budaya kita sangat kaya dan berlimpah. Seperti tari-tarian, ada juga pertunjukan peteng bahandang dan masih banyak lagi," ucap Ben Bahat.

Selain memperkenalkan ke masyarakat luas. Ben Bahat mengatakan, menjadikan budaya sebagai objek wisata juga akan membawa dampak baik kepada perekonomian masyarakat.

"Di mana nanti ada seorang ibu yang bisa membuka warung kopi di lokasi wisata budaya, ada seorang bapak yang bisa berdagang. Perekonomian masyarakat pasti akan terbantu dengan asanya wisata budaya ini," ujar Ben Bahat.

2 dari 2 halaman

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini: