Sukses

Gempa Magnitudo 5,4 Guncang Mamuju Tengah Saat Warga Lelap Tertidur

Liputan6.com, Mamuju Tengah - Gempa Bumi Magnitudo 5,4 mengguncang Kabupaten Mamuju Tengah, Sulawesi Barat, Rabu (28/10/2020) sekitar pukul 03.43 Wita. Pusat gempa diketahui berada di darat akibat aktivitas seismik sesar lokal.

Berdasarkan info dari Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG), gempa bumi berpusat di 34 kilometer Barat Daya, Mamuju Tengah pada kedalaman 10 kilometer pada koordinat 2.20 Lintang Selatan (LS) dan 119.13 Bujur Timur (BT).

Gempa itu tidak berpotensi menimbulkan tsunami, namun, BMKG memberi pesan agar warga berhati-hati terhadap gempa bumi susulan. Guncangan gempa juga dirasakan daerah sekitar Mamuju Tengah, seperti Pasangkayu, Mamuju, Majene, dan Polman.

Guncangan gempa sempat membuat warga di pusat gempa dan daerah lain yang merasakan guncangan itu terbangun dari tidur lelapnya dan berhamburan keluar rumah mereka. Ini merupakan gempa bumi dengan magnitudo diatas 5 yang kedua di Mamuju Tengah dalam 2 bulan terakhir.

Kepala Pusat Gempa Bumi dan Tsunami BMKG, Rahmat Triyono dalam rilisnya mengatakan, dengan memperhatikan lokasi episenter dan kedalaman hiposenternya, gempa bumi yang terjadi merupakan jenis gempa bumi dangkal akibat aktivitas Sesar Mamuju.

"Hasil analisis mekanisme sumber menunjukkan bahwa gempa bumi ini memiliki mekanisme pergerakan sesar naik," kata Rahmat, Rabu (28/10/2020).

Rahmat menghimbau, agar masyarakat tetap tenang dan tidak terpengaruh oleh isu yang tidak dapat dipertanggungjawabkan kebenarannya. Agar menghindari dari bangunan yang retak atau rusak diakibatkan oleh gempa bumi.

"Periksa dan pastikan bangunan tempat tinggal anda cukup tahan gempa, ataupun  tidak ada kerusakan akibat getaran gempa yg membahayakan kestabilan bangunan sebelum anda kembali kedalam rumah," ujar Rahmat.

 

**Ingat #PesanIbu

Pakai Masker, Cuci Tangan Pakai Sabun, Jaga Jarak dan Hindari Kerumunan.

Selalu jaga Kesehatan, Jangan Sampai Tertular dan Jaga Keluarga Kita.

2 dari 2 halaman

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini: