Sukses

Mengenal 3 Sosok Calon Gubernur Sulut, Petahana dan 2 Bupati Perempuan

Liputan6.com, Manado - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Sulut resmi mengumumkan sekaligus menetapkan nomor urut 3 pasangan calon Gubernur dan Wakil Gubernur Sulut yang akan bertarung di Pilkada 9 Desember 2020 mendatang. Ada 2 bupati cantik serta 1 gubernur petahana yang akan bersaing dalam Pilkada nanti.

Sosok calon gubernur nomor urut 1 adalah Christiany Eugenia Paruntu. Wanita cantik ini masih menjabat sebagai Bupati Minahasa Selatan di periode yang kedua. Tetty, sapaan akrabnya, lahir dari keluarga teknokrat dan politikus.

Ayahnya, Prof Dr Joppy Paruntu pernah menjabat sebagai Rektor Universitas Sam Ratulangi (Unsrat) Manado. Sedangkan, ibunya Nini Tumbuan pernah menjabat Ketua DPD II Partai Golkar Kabupaten Minahasa Selatan dan juga Ketua DPRD Kabupaten Minahasa Selatan.

"Berpasangan dengan Sehan Salim Landjar, saya yakin mendapat dukungan suara mayoritas warga Sulut," ujar Tetty yang juga menjabat sebagai Ketua DPD I Partai Golkar Sulut ini.

Saat menjabat sebagai Bupati Minahasa Selatan, Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) RI sempat menggeledah kantornya terkait dana tunjangan sertifikasi guru, tetapi hingga kini bupati cantik itu masih aman.

Calon gubernur nomor urut 2 adalah Vonny Anneke Panambunan. Sosok kontroversial yang masih menjabat sebagai Bupati Minahasa Utara ini sangat dicintai warganya. Pernah menjabat sebagai Bupati Minahasa Utara periode 2005–2010, tetapi Vonny terganjal kasus korupsi pembangunan Bandar Udara di Kutai Kartanegara, Kaltim. Vonny tak bisa menyelesaikan masa kepemimpinannya, dan harus mendekam di balik jeruji besi.

Pada tahun 2015, Vonny kembali maju di Pilkada Minahasa Utara, dan mendapat dukungan warga sehingga menjabat lagi sebagai bupati hingga 2020. Pernyataan kontroversial dilontarkan Vonny saat mendaftar di KPU Sulut sebagai bakal calon gubernur pada awal September 2020 lalu.

"Saya tak ingin dipenjara lagi. Saya ingin berbuat yang terbaik untuk warga Sulut," ujar wanita yang dikenal sebagai pengusaha yang memilih Hendry Runtuwene sebagai calon wakil gubernur.

Calon gubernur nomor urut tiga adalah Olly Dondokambey. Gubernur petahana ini percaya diri untuk memimpin kembali Sulut kedua kalinya. Bendahara Umum DPP PDI Perjuangan ini sebelum menjabat sebagai gubernur, adalah seorang anggota DPR RI.  Dia tetap memilih Steven Kandou sebagai calon wakil gubernur seperti pada pilkada 2015 silam.  

"Nomor 3 adalah angka keberuntungan, dan simbol kerja keras untuk rakyat Sulut. Sama dengan nomor PDIP sebagai partai berlambang banteng," ujar Olly.

2 dari 2 halaman

Simak juga video pilihan berikut: