Sukses

Kabar Duka, 1 Pasien Positif Covid-19 di NTT Meninggal Dunia

Liputan6.com, Kupang - Satu pasien positif corona covid 19 yang dirawat di RSUD W Z Johanes Kupang dilaporkan meninggal dunia, Selasa, 12 Mei 2020 malam.

"Benar, saya baru dapat konfirmasi dari dokter bahwa satu pasien covid-19 meninggal dunia,” kata Juru bicara gugus tugas penanganan covid 19 NTT, Marius Jelamu kepada wartawan, Selasa (12/5/2020).

Pasien yang meninggal itu, menurut dia, merupakan pasien transmisi lokal yang baru diumumkan positif covid-19. Pasien positif covid-19, kata dia, mengalami sesak napas, hingga harus dirawat di ruang ICU.

"Serangannya cukup ganas, hingga meninggal," tegasnya.

Dia berharap semua warga untuk patuhi protokol kesehatan. "Jaga jarak, pakai masker, rajin cuci tangan dan tetap menjaga kesehatan,” tandasnya.

Ia dilaporkan terpapar melalui transmisi lokal di wilayah Kota Kupang. Pasien tersebut, dinyatakan positif dari hasil pemeriksaan swab yang dilakukan di Laboratorium RSUD Prof WZ Johannes Kupang yang diumumkan Gugus Tugas covid-18 pada Senin malam.

Sekretaris Dinas Kesehatan Provinsi NTT Mandala, mengatakan, pasien tersebut merupakan pasien rujukan dari RST Wirasakti Kupang pada 5 Mei 2020 lalu dengan keluhan types. Setelah lima hari dirawat di RST Wirasakti, ia kemudian dirujuk ke RSUD Johannes.

Ia mengatakan, pasien itu sehari-harinya berprofesi sebagai pedagang daging di Pasar Kasih Naikoten Kupang.

Ketika dilakukan pemeriksaan di IGD RSUD Prof WZ Johannes Kupang, ditemukan indikasi yang menjurus pada covid-19. Karenanya, pasien yang tinggal di wilayah Kecamatan Kota Raja itu dilakukan penanganan sesuai protap medik untuk pasien covid-19.

"Ia dirujuk karena mengeluh sesak di dada, sehingga dilakukan rapid tes. Ketika hasil positif, ia kemudian di swab, ternyata hasilnya positif," katanya.

Ia menambahkan, gugus tugas provinsi NTT juga telah melakukan koordinasi dengan gugus tugas Kota Kupang untuk melakukan tracing terhadap kontak terakhirnya.

2 dari 3 halaman

Pasien Positif Sembuh

Satu pasien positif covid-19 yang selama ini menjalani masa isolasi di Rumah Sakit Bhayangkara Titus Uly Kupang dinyatakan sembuh, Rabu (13/5/2020).

Kabiddokes Polda NTT Kombes Pol dr. Sudaryono , mengatakan, pasien Covid-19 klaster Sukabumi itu dinyatakan sembuh setelah mendapatkan perawatan intensif oleh tim medis selama dua pekan.

Suasana haru penuh suka cita pun tak terelakan ketika para tenaga medis yang sudah menunggu pasien di pintu keluar RSB memberikan tepuk tangan dan penghormatan kepada pasien yang telah dinyatakan sembuh dan diijinkan pulang ke SPN Polda NTT.

"Momen spesial ini untuk memberikan semangat tersendiri bagi pasien yang kini masih dalam masa pemulihan pasca sembuh dari Covid-19," Kabiddokes Polda NTT Kombes Pol. dr. Sudaryono.

Menurut dia, setelah sembuh dan dipulangkan, pasien ini masih menjalani karantina lagi bersama rekan-rekannya yang lain di SPN Kupang.

"Saya atas nama pimpinan Polda NTT menyampaikan selamat kepada rekan kita yang telah selesai melaksanakan perawatan di Rumah Sakit Bhayangkara kurang lebih selama dua minggu," katanya.

Ia juga mengucapkan terima kasih yang sebesar-besarnya kepada tim medis yang sudah mendukung perawatan pasien Covid 19 hingga dinyatakan sembuh.

"Pasien ini telah dinyatakan sembuh melalui standar WHO dimana melalui tes swab dua kali dan dinyatakan negatif," tandasnya.

Hingga, Rabu (13/5/2020), jumlah kasus covid-19 di NTT sebanyak 30 kasus. 1 pasien meninggal dunia dan 2 lainnya sudah dinyatakan sembuh.

3 dari 3 halaman

Simak Video Pilihan Berikut Ini: