Sukses

Hindari Virus Corona Covid 19, Manfaatkan Teknologi untuk Dapatkan Layanan Kesehatan

Liputan6.com, Jakarta Pandemi Corona Covid-19 masih melanda di sejumlah negara di dunia, termasuk di Indonesia. Bahkan, data terakhir menyebut jumlah kasus positif virus corona di Tanah Air masih meningkat.

Juru Bicara Pemerintah Khusus Penanganan Covid-19 Achmad Yurianto menjelaskan, hingga data per Kamis (30/4/2020) secara kumulatif sudah mencapai 10.118 orang. Kemudian, dari jumlah itu, sebanyak 792 orang meninggal dunia dan 1.522 orang lainnya dinyatakan sembuh.

Di sisi lain, penyebaran Virus Corona membuat sebagian besar masyarakat diharuskan beraktivitas di rumah saja. Kegiatan warga sengaja dibatasi setelah pemerintah memberlakukan physical distancing dan pembatasan sosial berskala besar (PSBB).

Aturan yang dimaksudkan untuk menekan penyebaran Covid-19 tersebut, akhirnya berdampak pada kegiatan masyarakat, termasuk yang berkaitan dengan kesehatan. Misalnya saja, konsultasi pemeriksaan dengan dokter di rumah sakit.

Namun, pemerintah dan pihak terkait sudah mencarikan jalan keluar dari persoalan ini, yakni dengan memanfaatkan teknologi. Solusi ini diberikan agar masyarakat tetap tinggal di rumah, sehingga bisa dengan aman dan nyaman tetap memperoleh akses layanan, tanpa khawatir terpapar virus corona.

2 dari 2 halaman

Layanan Teknologi

Masyarakat bisa konsultasi atau pemeriksaan melalui cara online dengan dokter spesialis berpengalaman dan rujukan terintegrasi untuk pemeriksaan lebih lanjut.

Cara ini membantu masyarakat mendapatkan layanan kesehatan berkualitas di rumah; mulai dari asesmen kesehatan, layanan kesehatan oleh dokter, perawat, dan terapis rehabilitasi yang kompeten dalam satu aplikasi. Seperti yang dilakukan aido health. Mereka meluncurkan layanan teknologi kesehatan terbaru dan bekerja sama rumah sakit swasta terbesar Siloam Hospitals Group.

Kehadiran konsultasi dokter online ini juga disambut baik IDI. Sebab melalui teknologi itu, masyarakat dengan mudah mendapat layanan kesehatan berkualitas dan komprehensif serta memfasilitasi kebutuhan kesehatan unik setiap individu, kapan saja dan dimana saja dengan cara yang paling mudah.

Bukan hanya soal kemanan dan kenyamanan, setiap konsultasi juga tercatat dalam electronic medical record rumah sakit sehingga aman dan dapat dipertanggungjawabkan secara klinis.