Sukses

Pasien Positif Corona Covid-19 di Jambi Bertambah Jadi 2 Orang

Liputan6.com, Jambi - Gugus tugas penanganan Covid-19 Jambi mengonfirmasi pasien positif terinfeksi corona covid-19 bertambah satu orang. Hingga 30 Maret 2020 ini di Provinsi Jambi terdapat dua pasien yang dinyatakan positif.

Hasil laboratorium uji swab pasien yang dinyatakan positif kedua itu telah diterima tim gugus tugas penanganan Covid-19, Senin (30/3/2020) sore. Hal tersebut dibenarkan juru bicara penanganan Covid-19 Jambi, Johansyah.

"Iya ada tambahan satu pasien yang positif, laki-laki berusia 53 tahun," kata Johansyah lewat keterangannya melalui video telekonferensi yang diterima Liputan6.com di Jambi.

Dalam keterangannya itu Johansyah tak merinci asal daerah mana pasien yang positif corona covid-19 tersebut. Ia hanya menyebutkan bahwa pasien yang positif itu adalah seorang laki-laki.

"Langkah yang kita lakukan segera invetarisasi penelusuran terhadap pasien positif, dan melaksanakan rapid tes, hal ini sama kita lakukan terhadap pasien positif pertama," kata Johan.

Berdasarkan informasi yang dihimpun, diketahui seorang pasien yang dinyatakan positif terinfeksi corona tersebut berasal dari Kabupaten Kerinci. Pasien yang dinyatakan positif terinfeksi itu sebelumnya pernah dirawat di Rumah Sakit MHA Thalib Kerinci, tetapi sempat pulang sebelum dinyatakan positif.

"Saat ini pasien yang bersangkutan dalam penjemputan untuk dibawa kembali ke rumah sakit Kerinci, dilakukan penanganan dan isolasi," kata Kepala Dinas Kesehatan Kerinci, Hermendizal.

Pasien yang terkonfirmasi positif terinfeksi corona covid-19 itu kata Kadis Kesehatan, pernah memiliki riwayat kontak dengan salah seorang yang baru saja pulang dari luar negeri dalam suatu acara pengajian.

"Siapa orang yang baru keluar negeri dan satu pengajian dengan pasien yang bersangkutan kita belum tahu," kata Hermendizal kepada wartawan di Kerinci.

2 dari 3 halaman

Sebaran ODP dan PDP

Sementara itu, berdasarkan update data gugus tugas penanganan Covid-19 Jambi, Senin 30 Maret 2020 pukul 17.00 WIB mencatat sebaran orang dalam pemantauan (ODP) dan pasien dalam pengawasan (PDP) terus menunjukan grafik yang bertambah.

Untuk ODP tercatat sebanyak 1.041 orang, PDP 15 orang dan pasien yang positif tercatat 2 orang. Sedangkan untuk hasil uji lab yang negatif 18 orang.

Adapun sebaran ODP dan PDP di Provinsi Jambi tersebut, yakni di Kabupaten Tebo ODP 134, PDP 1, Kabupaten Bungo ODP 130 PDP 1, Kabupaten Kerinci ODP 52 PDP 2.

Kemudian Kota Sungaipenuh ODP 5 PDP 0, Kabupaten Merangin DOP 19 PDP 0, Kabupaten Sarolangun ODP 103 PDP 4, Kabupaten Tanjungjabung Barat ODP 11 PDP 0, Kabupaten Tanjungjabung Timur ODP 8 PDP 0, Kabupaten Muaro Jambi ODP 114 PDP 0, dan Kota Jambi ODP 293 PDP 10.

Pemerintah Provinsi Jambi sebelumnya telah menerima 2.000 unit alat pelindung diri (APD) dari pemerintah pusat. APD tersebut kemudian kembali disitribusikan kepada masing-masing rumah sakit yang menangani kasus corona Covid-19.

"Dengan pendistribusian APD ini kita bisa memastikan tenaga medis sebagai garda terdepan yang berjuang melakukan penanganan di rumah sakit," kata Gubernur Jambi Fachrori Umar selaku Ketua Gugus Tugas Covid-19 di Provinsi Jambi.

 

3 dari 3 halaman

Simak video pilihan berikut ini: