Sukses

1 PDP Positif Corona Covid-19, Bangka Belitung Masuk Zona Merah

Dari zona hijau, kini Provinsi Kepulauan Bangka Belitung masuk zona merah karena 1 orang Pasien Dalam Pengawasan (PDP) dinyatakan positif Corona Covid-19.

Liputan6.com, Bangka Belitung - Provinsi Kepulauan Bangka Belitung sebelumnya berstatus Zona Hijau, karena belum ada Pasien Dalam Pengawasan (PDP) yang dirawat di Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Marsidi Judono Tanjung Pandan, Kabupaten Belitung Provinsi Kepulauan Bangka Belitung.

Namun pada hari Senin (30/3/2020) pagi, hasil laboratorium salah satu PDP dari Litbangkes Jakarta akhirnya keluar. Pasien nomor 034 dinyatakan positif Corona Covid-19.

Dengan adanya pasien yang terjangkit Corona Covid-19 ini, status Provinsi Kepulauan Bangka Belitung sudah berubah, dari zona hijau ke zona merah.

Bupati Belitung Sahani Saleh dalam konferensi pers mengatakan, pasien 034 tersebut dinyatakan positif, setelah hasil pemeriksaan laboratorium telah selesai.

"Hasil pemeriksaan telah keluar, dan hasilnya positif. Dengan ini Provinsi Bangka Belitung menjadi provinsi ke-31 yang dengan kasus positif Covid-19," ungkapnya.

Awalnya, pasien tersebut dites swap di RSUD Marsidi Judono Kabupaten Belitung pada tanggal 23 Maret 2020 lalu, namun hasilnya negatif. Pasien 034 lalu diperbolehkan pulang.

Pada tanggal 25 Maret 2020, pasien 034 kembali diperiksa dan terdeteksi mengidap Pneumonia. Pasien tersebut akhirnya diisolasi di RSUD Marsidi Judono Kabupaten Belitung, Bangka Belitung.

“Pemeriksaan pada pukul 09.00 WIB diambil sampel ke dua dan ada tanda Pneumonia. Sehingga pasien 034 dinaikkan jadi PDP dan diisolasi di gedung B RSUD Marsidi Judono,” katanya.

Lalu pada tanggal 30 Maret 2020, hasil spesimen yang sudah dites di Litbangkes Jakarta menunjukkan pasien 034 positif Corona Covid-19 di Bangka Belitung.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Karantina 14 Hari

Saat ini, RSUD Marsidi Judono sedang mengisolasi, ada 11 PDP yang sedang diisolasi dan 46 Orang Dalam Pemantauan (ODP) yang dipantau.

“Enam orang PDP dinyatakan negatif, 1 orang positif Corona Covid-19, sisanya masih menunggu (hasi laboratorium),” ucapnya.

Ada 22 orang ODP yang memiliki kontak secara langsung ke pasien 034, apakah negatif atau positif Corona Covid-19.

Jika hasilnya negatif, 22 ODP harus melewati masa karantina selama 14 orang dan diawasi ketat oleh tim medis.

“Apakah yang ODP yang pernah kontak dengan pasien 034 ini negatif atau positif, masih menunggu hasilnya,” katanya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini