Sukses

Satu Lagi Peserta Tablig Akbar dari Malaysia Positif Corona di Pekanbaru

Liputan6.com, Pekanbaru - Satu pasien positif virus corona covid-19 di Riau dinyatakan sembuh. Hanya saja kabar baik ini diringi kabar buruk karena ada satu warga Pekanbaru lainnya dinyatakan positif terpapar virus dari Wuhan, China ini.

Juru bicara virus corona di Riau, dr Indra Yopi mengatakan satu pasien baru ini punya riwayat berkunjung ke Malaysia pada akhir Februari lalu. Kala itu, pasien berusia 42 tahun ini mengikuti tablig akbar.

"Sama dengan pasien yang sebelumnya yang sudah dinyatakan sembuh, sama-sama imported case," kata Indra, Minggu malam, 29 Maret 2020.

Indra menjelaskan, kasus kedua ini merupakan hasil tracking dengan kasus pertama. Petugas, mulai dari dinas kesehatan, polisi dan instansi lainnya langsung melacak keberadaan pasien kedua begitu pasien pertama dinyatakan positif.

Saat ini, pelacakan orang-orang yang pulang dari Malaysia mengikuti tablig akbar di daerah Sri Petaling itu masih dilakukan. Selain melacak, mereka juga diminta segera melapor ke fasilitas kesehatan yang ada.

"Untuk keluarga pasien kedua ini sudah diisolasi, sementara pasien sendiri baik hanya batuk sedikit," ucap Indra.

Data dihimpun, di Riau saat ini ada 97 warga masuk dalam pengawasan atau PDP virus corona. Sebanyak 25 di antaranya sudah dinyatakan negatif dan sisanya masih menunggu hasil.

Di sisi lain, Indra menhimbau masyarakat tetap tenang dan tidak panik meski ada penambahan pasien positif virus Corona. Indra meminta masyarakat tetap mengikuti himbauan pemerintah agar menjaga jarak sosial sementara waktu dan tidak berkerumun.

Selain itu, masyarakat diminta menerapkan pola hidup sehat. Di antaranya rutin mencuci tangan pakai sabun, rajin makan buah, sayuran, berolahraga rutin, konsumsi vitamin cukup dan tetap berdoa.

"Tetap di rumah, insya Allah kita akan melewati ini," ucapnya. 

**Ayo berdonasi untuk perlengkapan medis tenaga kesehatan melawan Virus Corona COVID-19 dengan klik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Simak Video Pilihan Berikut: