Sukses

Kabar Baik, Satu Pasien Corona di Riau Sembuh

Liputan6.com, Pekanbaru - Satu pasien positif virus corona covid-19 di Pekanbaru, Riau, dinyatakan sembuh oleh tim medis Rumah Sakit Umum Daerah Arifin Ahmad. Pasien berusia 63 tahun ini sudah pulang ke rumah untuk berkumpul dengan keluarga.

Juru bicara gugus tugas virus corona Riau, dr Indra Yopi menjelaskan, pasien sebelum pulang sudah dua kali menjalani tes swab dan hasilnya negatif. Selama dirawat, pasien juga membantu petugas medis.

Menurut Indra, pasien selama dirawat di ruang isolasi selalu tenang. Tidak ada memperlihatkan kepanikan sehingga hal ini membantu imun dalam tubuh pasien menguat.

"Kita patut bersyukur atas kesembuhan pasien, ini tak terlepas dari ketenangannya selama dirawat. Meski sudah pulang, pasien ini tetap dipantau," kata Indra, Minggu malam, 29 Maret 2020.

Indra menjelaskan, pasien terpapar virus ketika berada di Sri Petaling, Malaysia. Saat itu, dia mengikuti tablig akbar bersama ratusan jemaah lainnya, termasuk dari Indonesia, pada akhir Februari 2020.

"Sebagaimana diketahui, di daerah itu ada 600 orang positif corona," kata Indra.

Saat pulang ke Pekanbaru, pasien mengalami gejala berupa demam tinggi dan batuk-batuk. Dari Rumah Sakit Awal Bros, dia dirujuk ke RSUD Arifin Ahmad Pekanbaru.

Saat ini, petugas masih melacak siapa saja warga Pekanbaru ikut tablig akbar itu. Satu orang di antaranya juga sudah dinyatakan positif virus corona sehingga kasus kumulatif di Riau ada dua.

"Satu sudah sembuh dan satu lagi masih dirawat di RSUD," kata Indra.

Data dihimpun, di Riau saat ini ada 97 warga masuk dalam pengawasan atau PDP. Alhamdulillah, 25 di antaranya sudah dinyatakan negatif dan sisanya masih menunggu hasil.

2 dari 2 halaman

Simak juga video pilihan berikut ini: