Sukses

Jumlah Pasien Positif Corona COVID-19 di Yogyakarta Membingungkan, Ini Faktanya

Liputan6.com, Yogyakarta Jumlah pasien positif Corona COVID-19 di Yogyakarta bertambah satu orang, Jumat (27/3/2020). Dia adalah laki-laki berusia 53 tahun asal Bantul.

Sempat terjadi perbedaan data antara pusat dengan Pemprov DIY yang merilis enam pasien baru Corona COVID-19 di DIY per hari ini. Sementara, Pemprov DIY menyebutkan penambahan pasien positif hanya satu orang.

"Kami hanya menerima tambahan satu orang positif Corona COVID-19 dan setelah kami cross check dengan data pusat ternyata ada tambahan lima nama lain yang positif, tetapi setelah kami cek ke seluruh rumah sakit, tidak ada sample atas nama tersebut, sehingga dipastikan tambahan positif di DIY sudah sesuai, yakni satu orang positif," ujar Berty Murtiningsih, juru bicara Pemprov DIY untuk penanganan COVID-19.

Per 27 Maret 2020, terdapat 143 orang yang sudah diperiksa atau uji seka dengan hasil negatif 37 orang. Sementara, pasien dalam pengawasan (PDP) Corona COVID-19 yang masih dalam proses pemeriksaan lab sebanyak 87 orang dengan empat orang meninggal dunia sebelum hasil lab keluar.

Jumlah pasien positif Corona COVID-19 di DIY sebanyak 19 orang dengan satu orang sembuh dan tiga orang meninggal dunia.

Pandemi Corona COVID-19 telah membuat status DIY menjadi tanggap darurat. Sebanyak 25 rumah sakit rujukan disiapkan di empat kabupaten dan satu kota untuk membantu penanganan Corona COVID-19.