Sukses

Aksi Patriotik Pelajar SD Kibarkan Bendera di Tengah Banjir Sumsel

Video tiga pelajar SDN 3 Tanah Abang PALI Sumsel mengibarkan bendera di tengah banjir menjadi viral di media sosial.

Liputan6.com, Palembang - Hari Senin (24/2/2020) pagi, menjadi hari yang penuh semangat bagi siswa kelas 6A Sekolah Dasar Negeri (SDN) 3 Tanah Abang Kabupaten Penukal Abab Lematang Ilir (PALI) Sumatera Selatan (Sumsel). Karena mereka dimandatkan menjadi petugas upacara pengibaran Bendera Merah Putih pada pagi hari.

Namun sayang, banjir setinggi 50 sentimeter yang merendam lapangan sekolah mengaburkan harapan mereka, yakni bisa menggelar upacara dengan kondisi normal.

Meski begitu, banjir yang menghalangi upacara Senin pagi ini, ternyata tidak menyurutkan semangat tiga orang siswa kelas 6A. Mereka adalah Deni Pramuja, Diko Ramasaki, dan Farel.

Keinginan mereka untuk mengibarkan Sang Saka Merah Putih terus menggebu-gebu. Sampai akhirnya, mereka meminta izin ke guru dan kepala sekolah, untuk mengibarkan bendera, di tengah tingginya banjir.

Meskipun para guru cemas jika terjadi hal yang tak diinginkan saat mereka turun ke lapangan yang digenangi banjir, tetapi tekad ketiga pelajar tersebut akhirnya meluluhkan hati para guru.

Sandry Irawan, guru Kesenian SDN 3 Tanah Abang PALI Sumsel mengatakan, para siswanya memang bertugas jadi pengibar bendera. Keinginan ketiga muridnya itu sangat kuat, sehingga mereka diizinkan untuk mengibarkan bendera.

Padahal sejak awal, pihak sekolah sudah mengingatkan jika masih banjir, upacara bendera di Senin pagi akan ditiadakan.

"Mereka tetap ingin mengibarkan bendera, jadi kita izinkan dengan terus memantau. Mereka bertiga pergi ke rumah temannya di depan sekolah dan berganti baju. Lalu mereka turun ke lapangan yang digenangi banjir," katanya kepada Liputan6.com.

Sekitar pukul 07.30 WIB, ketiga pelajar tersebut langsung turun membawa Bendera Merah Putih ke tengah banjir. Salah satu pelajar yang bertubuh tinggi, mengangkat kain bendera agar tidak basah.

Sedangkan dua pelajar lainnya, berusaha melepaskan tali pengikat bendera dari tiang. Mereka pun berjibaku mengaitkan tali penggeret bendera ke ujung kain bendera.

Aksi patriotik ini membuat para guru bangga sekaligus cemas dengan muridnya. Sandry Irawan bergegas merekam aksi ketiga muridnya tersebut menggunakan ponselnya.

"Mereka mengakui agak kesulitan saat membuka pengait bendera dari tiang, namun tak lama kemudian mereka berusaha memasang pengait, membentangkan dan mengibarkan Bendera Merah Putih hingga ke tiang atas," katanya.

Setelah selesai mengibarkan bendera, ketiga pelajar SDN 3 Tanah Abang PALI tersebut langsung naik ke atas bangunan sekolah. Para guru pun segera mengelap tubuh ketiga pelajar yang sudah basah kuyup tersebut menggunakan handuk.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Viral di Medsos

Mereka pun akhirnya mengenakan kembali seragam sekolahnya dan mengikuti Proses Belajar Mengajar (PBM) di kelasnya.

Diakui Sandry, ketiga muridnya tersebut memang cukup aktif di sekolah. Bahkan, usai sukses mengibarkan bendera, para muridnya tampak senang dan puas.

"Mereka sangat senang bisa mengibarkan bendera di tengah banjir. Siswa lainnya juga turut menyemangati mereka," ucapnya.

Video aksi patriotik muridnya tersebut, akhirnya dibagikan Sandry Irawan ke grup WhatsApp. Tak lama kemudian, video tersebut viral di media sosial (medsos).

Hingga kini, orangtua ketiga muridnya tersebut tidak melayangkan protes. Terlebih jadwal belajar para muridnya tidak terganggu dan hingga kini mereka tidak mengalami sakit.

"Kalau banjir sudah lebih dari 1 minggu, tapi sejak hari Rabu (19/2/2020) kemarin, banjirnya sampai masuk ke halaman sekolah. Namun baru kali ini, ada murid yang berkeinginan besar untuk mengibarkan bendera di tengah banjir," katanya.

 

3 dari 3 halaman

Desa Terendam Banjir

Menurutnya, daerah sekolahnya memang kawasan rawa dan sering terjadi banjir. Selama PBM, mereka terus mengimbau dan memantau siswanya, agar tidak bermain banjir.

Kepala SD Negeri 3 Tanah Abang PALI Matdarusalam menjelaskan, pihaknya terpaksa tidak menggelar upacara bendera merah putih, karena ketinggian air cukup tinggi merendam halaman lapangan upacara.

"Sudah seminggu banjir merendam halaman sekolah dan upacara tidak dilakukan, namun kegiatan belajar mengajar normal seperti biasanya, tetap kita laksanakan dengan normal seperti biasa," ujarnya.

Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) PALI Junaidi Anuar menuturkan, ada sekitar 10 desa yang berada di bantaran Sungai Lematang, terkena dampak banjir luapan air sungai Lematang. Bahkan sejak sepekan terakhir, banjir kian tinggi akibat tingginya curah hujan.

"Kita akan bantu air bersih dari BPBD dan Damkar kemudian memberikan pelayanan kesehatan serta posko terpadu 1×24 jam, serta melibatkan sejumlah petugas untuk terus memantau pergerakan debit air," ucapnya.

 

Tonton Video di Bawah Ini :

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.