Sukses

Jalur Transmisi Tersambar Petir, Beberapa Wilayah di Kalsel dan Kalteng Mati Lampu

Adapun beberapa Gardu Induk yang terhenti suplai listriknya adalah sebagai berikut GI Bandara Banjarbaru, GI Cempaka dan GI Mantuil.

Liputan6.com, Palangka Raya - Gangguan jalur transmisi Saluran Udara Tegangan Tinggi (SUTT) 150 kilo Volt (kV) di jalur antara Gardu Induk (GI) Rantau dan GI Barikin Provinsi Kalimantan Selatan menyebabkan aliran listrik di Provinsi Kalimantan Tengah dan Kalimantan Selatan padam.

"Indikasi awal gangguan disebabkan oleh sambaran petir pada jalur transmisi SUTT 150 kV tersebut," kata pimpinan Humas PLN Rayon UP3 Palangka Raya, Dedy Yunarto, melalui pesan singkat di Palangka Raya, Minggu (19/1/2020).

Adapun beberapa Gardu Induk yang terhenti suplai listriknya adalah sebagai berikut GI Bandara Banjarbaru, GI Cempaka dan GI Mantuil.

Kemudian Gardu Induk Satui, GI Palangka Raya, GI Sebangu, GI Kasongan, GI Parenggean, GI Batulicin, GI Sampit, GI Bagendang, dan GI Pangkalan Bun.

Suplai listrik pada pelanggan yang berada di sekitar gardu induk tersebut untuk sementara terhenti.

"Demikian informasi yang dapat kami sampaikan, untuk update informasi selanjutnya akan kami sampaikan dalam kesempatan pertama. Bila ada perkembangan segera kita kabari," ujarnya dilansir Antara.

Pihaknya pun akan terus memperbaharui informasi dan perkembangan upaya perbaikan gangguan transmisi tersebut.

Melalui media sosial resmi yakni di cerita Instagram PLN Kalselteng di pln.kalselteng juga menginformasikan terjadi gangguan jalur transmisi SUTT 150 KV di jalur GI Rantau dan GI Barikin Provinsi Kalimantan Selatan.

Gangguan tersebut menyebabkan padamnya suplai listrik di beberapa wilayah Kalimantan Selatan dan Kalimantan Tengah.

Petugas PLN sedang melakukan tahap penormalan transmisi. Pihknya juga mohon maaf atas kejadian tidak terduga tersebut sehingga menyebabkan suplai listrik terhenti untuk sementara waktu.

Seorang warga Palangka Raya, Dika berharap gangguan transmisi yang menyebabkan aliran listrik padam mendadak itu dapat segera diperbaiki.

"Tadi tiba-tiba listrik mati padahal tidak ada jadwal pemadaman. Informasinya ada gangguan transmisi. Mudah-mudahan petugas dapat segera memperbaiki agar aliran listrik normal kembali," tambah pria satu anak itu.

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.