Sukses

Menpora Targetkan Indonesia Juara Umum ASEAN Para Games 2020 di Filipina

Menpora Zainudin Amali menargetkan Indonesia bisa mempertahankan kembali sebagai juara umum ASEAN Para Games 2020 di Filipina.

Liputan6.com, Solo - Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) Zainudin Amali menargetkan kontingen Indonesia bisa kembali meraih gelar juara umum pada ASEAN Para Games 2020 di Filipina. Perolehan medali emas Indonesia diharapkan bisa melebihi target saat pesta olahraga penyandang disabilitas tingkat Asia Tenggara di Malaysia pada 2017 silam.

Menpora Zainudin Amali berharap Indonesia bisa kembali meraih gelar juara umum pada ASEAN Para Games 2020 di Filipina. Target tersebut mampu dipenuhinya setelah melihat dari dekat berbagai persiapan pemusatan latihan di Solo yang dilakukan National Paralympic Committee (NPC) Indonesia, atlet dan pelatih.

"Kita punya optimis, apalagi kita yang lalu juara umum ya. Masak juara umum kemudian kembali lagi tidak menjadi juara umum," kata dia saat melakukan pertemuan dengan para atlet dan pelatih kontingen Indonesia yang akan berlaga pada ASEAN ParaGames 2020 di Lorin Hotel Solo, Rabu, 20 November 2019.

Bahkan, Menpora terjun langsung untuk memantau berbagai persiapan para atlet penyandang disabilitas yang akan berlaga di ASEAN Para Games. Selain mengunjungi pemusatan latihan sejumlah cabang olahraga, ia juga menemui para atlet dan pelatih kontingen Indonesia.

Dalam pertemuan itu, Zainudin meminta untuk meningkatkan mental bertanding para atlet disabilitas tersebut. Para pelatih juga diminta untuk memompa semangat para atletnya supaya saat bertanding nanti mentalnya kuat. Menurutnya, kondisi mental pemain sangat berpengaruh tehadap perolehan hasil bertanding.

"Secara umum saya sampaikan yang menjadi masalah adalah mental bertanding kita. Mental kita menjadi juara harus dipompa terus. Berhadapan dengan siapa pun kita enggak boleh takut. Sebagus apa pun teknik kalau mentalnya drop hasilnya pasti akan jelek," tegasnya.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Lampaui Target Perolehan Medali Emas

Sementara itu Ketua NPC Indonesia, Sanny Marbun mengatakan target perolehan medali emas pada ASEAN Para Games 2020 mencapai 100 medali emas. Dengan target perolehan medali emas tersebut diharapkan Indonesia kembali meraih gelar sebagai juara umum seperti pada pesta olahraga penyandang difabel tingkat Asia Tenggara sebelumnya di Malaysia.

"Target kita mempertahankan gelar di Filipina. Gelar sebagai juara umum. Kita berharap dengan terget 100 medali emas, bisa melesat seperti sebelumnya. Awalnya kita target 107 medali emas tapi dapetnya 126 medali emas," sebutnya.

Sanny pun telah memetakan sejumlah cabang olahraga yang bakal menjadi tambang medali emas untuk kontingen Indonesia, di antaranya dari cabang olahraha atletik, angkat berat, tenis meja, bulutangkis, dan lainnya. "Semua rata-rata cabang olahraga itu bisa diandalkan. Sedangkan, yang tidak diandalkan dari cabor (cabang olahraga) yang baru ada tiga, yakni bocchia, cycling, dan bola voli duduk," ucapnya.

 

Simak video pilihan berikut ini:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.