Sukses

Kejutan Kecil Kapolres Saat HUT ke-74 TNI di Garut

Liputan6.com, Garut - Perayaan Hari Ulang Tahun (HUT) ke-74 Tentara Nasional Indonesia (TNI) di Garut, Jawa Barat berlangsung sederhana. TNI dan Polri rempug berkomitmen menjaga kondusifitas masyarakat kota Intan.

Namun ditengah keceriaan itu, terselip momen unik, saat Kapolres Garut AKBP Dede Yudi Ferdiansah, memberikan bingkisan kecil bagi Danrem 062 Kolonel Infanteri Parwito.

Sambil diiringi musik selamat ulang tahun yang dilantunkan grup musik jadas Jamrud, Kapolres Dede sengaja menghadiahi Danrem sebuah kue tart berukuran mini beruliskan 57.

Angka itu yang menunjukan HUT Korem Tarumanegara ke 57, dengan tanggal utama yang jatuh berbarengan dengan HUT TNI.

Sontak kejutan itu mengagetkan Parwito, yang kemudian dibalas dengan pelukan hangat dari orang nomor satu di Korem Tarumanegara tersebut.

"Satu lagi adik angkat saya yang saya banggakan, selain Dandim 0611/Garut, ada pula Kapolres Garut, semoga betah dan terus bersinergi dengan Korem 062 membangun Garut," ujar Parwito, disambut tepuk tangan ratusan tamu yang hadir.

Menurutnya, bertambahnya usia TNI, diharapkan kehadirannya mampu memberikan jaminan sekaligus motivasi, dalam menciptakan kondusifitas masyarakat Garut.

<p><strong>* Dapatkan pulsa gratis senilai Rp 5 juta dengan <a href="https://play.google.com/store/apps/details?id=com.woi.liputan6.android" rel="nofollow">download aplikasi</a> terbaru Liputan6.com <a href="https://play.google.com/store/apps/details?id=com.woi.liputan6.android" rel="nofollow">di tautan ini</a>.</strong></p>

2 dari 2 halaman

Komitmen TNI – Polri

Hal senada disampaikan Dandim 0611 Garut Letkol Erwin Agung. Mengusung tema ‘TNI yang professional kebanggaan rakyat’, diharapkan menjadi pelecut semangat seluruh prajurit mengabdi bagi masyarakat.

"TNI harus bisa melindungi masyarakat dan seluruh warga yang ada di sini, menjaga kedaulatan rakyat," kata dia.

Bagi prajurit ujar dia, keterbatasan bukan halangan utama untuk tetap memberikan pelayanan dan perlindungan bagi masyarakat.

"Termasuk bagi persit (Persatuan istri tentara), harus mampu membantu suaminya melaksanakan tugas negara," ujar dia.

Untuk mendekatkan TNI dengan rakyat, lembaganya kerap menugaskan seluruh prajurit berperan aktif, dengan masyarakat dalam menjaga keamanan.

"Kegiatan sosial kami coba aplilasikan, baik itu karya bakti, sosialisasi, juga kegiatan keamanan dan ketertiban masyarakat," ujar dia.

Selain itu, untuk menunjukan kekompakan dengan polri, lembaganya ujar dia, selalu memberikan dukungan tugas polisi di masyarakat.

"Saya dengan kapolres hampir tiap malam roadshow dalam rangka menjaga kondusifitas bagimana menciptakan Garut yang tertib dan aman," kata dia.

Kapolres Garut AKBP Dede Yudi Ferdiansah mengamini pendapat itu. Menurutnya sudah menjadi komitmen bersama, agar TNI – Polri, bisa bahu membahu menciptakan kondisi yang aman bagi masyarakat.

"Harapan saya di setiap kegiatan kita selalu bersama, tidak memandang itu siapa," kata dia.

Dengan upaya itu, tidak ada celah untuk memisahkan TNI-Polri dalam memberikan layanan dan keamanan bagi masyarakat.

"Yang jelas kami berdua bersama pak dandim, ingin kabupaten Garut ini aman, nyaman, tentram damai serta kondusif," pinta dia.

Saksikan video pilihan berikut ini:

Loading
Artikel Selanjutnya
Cerita Romantis Polres Kebumen dan Kodim Kebumen pada HUT TNI
Artikel Selanjutnya
Alasan Letkol HTL Inisiasi Lari Keliling Bali 374 Km Saat HUT ke-74 TNI