Sukses

Pengibaran Merah Putih di Perbatasan Indonesia-Timor Leste Pecahkan Rekor Dunia

Liputan6.com, Kupang - Bendera merah putih terpanjang yang dibentangkan di perbatasan RI - Timor Leste, Selasa (9/7/2019), memecahkan rekor dunia

Bendera berukuran panjang 1.773 meter (1,773 km) dan lebar 75 cm itu dibentangkan pasukan gabungan TNI dan Polri di Desa Haumeni Ana, Kecamatan Bikomi Nilulat, Kabupaten TTU, NTT.

Kapolres TTU, AKBP Rishian Krisna Budhiaswanto, Wakapolres TTU, Kompol Yetter Selan, jajaran Kapolsek dan Perwira serta Komandan Pos Haumeni Ana, Letda Inf Arafik ikut membentangkan bendera tersebut.

Aksi itu pun berhasil mencatatkan rekor pembentangan bendera merah putih terpanjang di wilayah perbatasan yang tercatat pada lembaga prestasi Indonesia-Dunia (LEPRID).

"Pembentangan bendera merah putih berukuran raksasa ini merupakan bagian dari rangkaian kegiatan HUT Bhayangkara Ke 73. Panjang 1773 meter tersebut bermakna hari ulang tahun Bhayangkara ke-73," ujar Kapolres TTU, AKBP Rishian Krisna Budhiaswanto kepada Liputan6.com, Rabu (10/7/2019).

Pembentangan bendera ini, menurutnya, untuk menumbuhkan dan meningkatkan semangat nasionalisme dan rasa cinta tanah air dalam diri masyarakat perbatasan.

Wilayah perbatasan kini, katanya sangat terbuka. Ini berpeluang besar bagi pihak luar untuk masuk dan memprovokasi warga.

"Dengan momentum ini kita ingin menunjukkan, bahwa negara Indonesia merupakan negara yang besar. Sehingga TNI, Polri dan masyarakat harus bekerja sama untuk menjaga kedaulatan negara ini di wilayah perbatasan,” kata Rishian.

Untuk memeriahkan perayaan HUT Bhayangkara tahun ini, pihaknya menggelar aneka kegiatan, yakni, pembersihan rumah ibadah serta anjangsana dan kegiatan lainnya.

 

 

Simak juga video pilihan berikut ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Rekor Dunia

Ketua LEPRID, Paulus Pangka mengapresiasi prestasi yang dibuat oleh Polres TTU. Menurutnya, ini merupakan pembentangan bendera merah putih berukuran raksasa pertama di perbatasan negara di Indonesia bahkan dunia.

"Pembentangan bendera hari ini kami nyatakan bahwa ini rekor dunia, karena baru hari ini terjadi ada pembentangan bendera suatu negara yang berukuran sangat panjang di perbatasan antara dua negara," tandasnya.

"Kalau nanti ada yang mau memecahkan rekor yang sudah dibuat Polres TTU ini, maka panjang benderanya nanti harus lebih dari 1. 773 meter ditambah 10 persen," sambungnya.

 

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.