Sukses

Nasu Cemba Enrekang, Menu Berbuka Puasa yang Bikin Ketagihan

Liputan6.com, Enrekang - Setiap orang yang berpuasa biasanya disarankan berbuka puasa dengan menu makanan yang memiliki rasa manis agar dapat memulihkan staminanya.

Namun berbeda di Sulawesi Selatan (Sulsel). Sebagian masyarakat biasanya berburu kuliner khas leluhur yang memiliki rasa khas seperti rasa masam dan gurih. Hal itu pun diyakini juga dapat memulihkan kembali stamina usai berpuasa.

Rizal (34), warga Kabupaten Enrekang, Sulsel misalnya. Ia mengungkapkan jika ingin memulihkan staminanya usai berpuasa, biasanya ia menyantap kuliner khas daerahnya yang bernama Nasu Cemba sebagai menu berbuka puasa.

"Mirip dengan Konro khas Makassar. Tapi yang ini kuahnya sedikit masam dan gurih. Kalau sudah mencobanya, pasti ketagihan deh," kata Rizal, Senin (13/5/2019).

Meski demikian, ia menyarankan bagi yang memiliki riwayat penyakit kolesterol untuk tidak menyantap nasu cemba khas Duri, Kabupaten Enrekang itu dengan takaran yang berlebihan. Karena menu pokok Nasu Cemba berasal dari daging yang masih melekat pada tulang iga sapi.

"Tapi jangan khawatir karena ada rasa masamnya sebagai penyeimbang yang berasal dari daun cemba yang dicampur di dalam kuah Nasu Cemba," ujar Rizal.

Ia mengaku ketika berbuka puasa jarang menyantap makanan yang manis-manis. Karena lidahnya hampir sama dengan masyarakat Sulsel pada umumnya. Di mana senang mencicipi kuliner yang rasanya masam dan gurih.

"Iya kalau sudah makan Nasu Cemba kayak tenaga kembali. Tapi tetap jangan banyak apalagi untuk berbuka puasa takut perutnya bisa kaget," kata Rizal.

2 dari 2 halaman

Cara Membuat Nasu Cemba Khas Kabupaten Enrekang

Bagi Anda yang ingin mencoba, bisa belajar memasak sendiri di rumah.

Berikut bahan-bahan yang diperlukan:

Bahan-bahan :

1 kg daging sapi

2 kg tulang iga

Bumbu :

5 siung bawang putih

8 butir bawang merah

6 buah jahe

2 buah kemiri

1/2 sendok makan merica

1/2 sendok makan kunyit

2 sendok makan kelapa sangrai (dihaluskan sampai mengeluarkan minyak)

Daun cemba (asam) yang masih muda.

Garam

Penyedap rasa

Cara memasak :

Cuci bersih daging sapi dan tulang iga kemudian potong-potong sesuai dengan selera.

Haluskan bawang putih, bawang merah, jahe dan kemiri kemudian campur dan tumis hingga berasa harum.

Masukkan daging sapi yang telah dipotong-potong tadi ke dalam panci dan masak

Kemudian masukkan bawang putih, bawang merah, jahe dan kemiri yang telah ditumis dan jangan lupa tambahkan merica dan kunyit. Menyusul tambahkan juga garam dan penyedap rasa secukupnya.

Masukkan kelapa sangrai yang telah dihaluskan sampai mengeluarkan minyak sebanyak 2 sendok makan. Lalu tambahkan daun cemba segenggam dan masak hingga 3 jam selanjutnya Nasu Cemba siap dihidangkan. Selamat Menikmati.

Loading
Artikel Selanjutnya
Penyelidikan Kasus Penyimpangan DAK di Enrekang Berjalan Senyap