Sukses

12 Destinasi Cantik di Indonesia Akan Jadi Lokasi Shooting Film India

Liputan6.com, New Delhi - Perusahaan film India melirik lokasi pariwisata Indonesia sebagai lokasi shooting. Salah satunya adalah Madhuram Picture yang berkedudukan di Chennai. Madhuram Picture berencana shooting film di beberapa lokasi menarik di Indonesia yakni di Jawa Timur, Yogyakarta, Bali, dan Nusa Tenggara Timur.

Arun Prabhu Purushothaman, sutradara sekaligus owner dari Madhuram Picture, tahun lalu masuk nominasi Best Director, Filmfare Awards South, Tamil untuk film garapannya yang berjudul 'Aruvi', produksi 2017. 

Pihak Madhuram Picture akan memboyong 16 orang awak kru termasuk para pemerannya pada 28 Maret ini untuk serangkaian persiapan dan memulai shooting pada awal hingga pertengahan April. Menurut informasi dari pihak Madhuram Pictures, sebagian scene mengambil tempat di India dan sebagian lainnya di Indonesia.

Lokasi di Indonesia antara lain di Kapas Biru, Tumpak Sewu, Gunung Bromo (Jawa Timur); Goa Pindul, Goa Jomblang (Yogyakarta); Air Terjun Sekumpul, Air Terjun Tukad Cepung, Ayung River Rafting, Pantai Sulaban, Pantai Nusa Penida, Gunung Batur (Bali); dan Pulau Komodo (NTT).

"Bapak Duta Besar (Arto Suryodipuro) memang berupaya agar Indonesia dilirik oleh perusahaan film India sebagai lokasi shooting. Banyak panorama indah di Indonesia yang tidak kalah indahnya dengan negara lain," kata Irvan Fachrizal, fungsi penerangan dan sosial budaya KBRI New Delhi, kepada Liputan6.com di New Delhi, Selasa (26/3/2019).

KBRI memang menargetkan agar tahun ini ada beberapa perusahaan film India shooting di Indonesia. Dengan munculnya Indonesia dalam layar lebar di India, akan semakin memperkenalkan Indonesia kepada masyarakat India. 

"Film dapat memicu dampak multiplier effect yang luas, khususnya bagi peningkatan kunjungan wisatawan India ke Indonesia,” kata Irvan.

Dia menjelaskan film merupakan salah satu sarana efektif yang dapat digunakan untuk mempromosikan pariwisata. Umumnya masyarakat India tertarik secara visual. Film cukup berpengaruh atas perilaku wisatawan India dalam memilih tujuan wisata. 

India sangat potensial untuk ditawari mengambil lokasi shooting di Indonesia. Dalam setahun, India menghasilkan lebih kurang 1500 judul film. Sejsuh ini banyak perusahaan film India melakukan shooting ke negara-negara Eropa, Amerika, dan beberapa negara ASEAN. 

Irvan menandaskan kini sudah saatnya Indonesia menjadikan dirinya menarik bagi para film maker India. Tentunya dengan dukungan para pemangku kepentingan terkait di Indonesia baik tingkat nasional maupun daerah.

Saksikan video pilihan berikut ini:

Loading
Artikel Selanjutnya
7 Tempat Wisata di Jawa Barat yang Jarang Diketahui, Wajib Dikunjungi
Artikel Selanjutnya
Beragam Destinasi Wisata di Ethiopia yang Jarang Diketahui