Sukses

3 Jenis Biawak Ini Hanya Ada di Raja Ampat

Di Kepulauan Raja Ampat terdapat tiga jenis biawak endemik yang tidak ada di daerah lain di Indonesia bahkan belahan dunia.

Liputan6.com, Raja Ampat - Kabupaten Raja Ampat, Provinsi Papua Barat mempunyai tiga jenis biawak endemik yang sangat digemari wisatawan pencinta reptil.

Koordinator Keanegaragaman Hayati dan Pengembangan Masyarakat Fauna dan Flora International-Indonesia Programme (FFI-IP) Raja Ampat, Maurits Kafiar mengatakan, bahwa di Kepulauan Raja Ampat terdapat tiga jenis biawak endemik yang tidak ada di daerah lain di Indonesia bahkan belahan dunia.

Dia mengatakan, tiga jenis biawak endemik Raja Ampat adalah biawak asal pulau Batanta atau nama latinnya Varanus Macraei, biawak asal Pulau Misool atau nama latinnya Varanus Reisingeri, dan biawak asal pulau Waigeo atau nama latinnya Varanus boehmei.

Menurut dia, Varanus Macraei adalah jenis biawak yang penyebarannya di pulau Batanta Raja Ampat yang belum ditemukan daerah lain di Indonesia bahkan belahan dunia.

Varanus Reisingeri adalah jenis biawak yang penyebarannya di pulau Misool Raja Ampat yang belum ditemukan daerah lain di Indonesia bahkan belahan dunia, dilansir Antara.

Selanjutnya, Varanus boehmei adalah jenis biawak yang penyebarannya di pulau Waigeo Raja Ampat yang belum ditemukan daerah lain di Indonesia bahkan belahan dunia.

Ia mengungkapkan bahwa tiga jenis biawak endemik Kabupaten Raja Ampat tersebut sangat menarik dan digemari wisatawan pencinta reptil untuk difoto.

Namun di lain sisi, kata dia, tiga jenis biawak endemik tersebut juga menjadi sasaran pemburuan masyarakat untuk dijual kepada pembeli reptil di Kota Sorong.

FFI Programme Raja Ampat berharap masyarakat setempat melindungi biawak endemik Indonesia yang hanya ada di Kabupaten Raja Ampat agar tidak punah di kemudian hari," ujar Maurits.

Saksikan video pilihan berikut ini:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.