Sukses

Pagi Teduh di Bawah Pohon Pelangi

Bondowoso - Pohon pelangi atau yang dikenal dengan sebutan Rainbow eucalyptus, tidak hanya tersebar di Papua Nungini dan Sulawesi. Ternyata, di Kabupaten Bondowoso Jawa Timur juga terdapat pohon eksotis dengan batang berwarna-warni tersebut.

Pohon pelangi tersebut merupakan salah satu di antara jenis pohon kayu putih (Eucalyptus). Namun, tidak menghasilkan minyak kayu putih seperti pohon Eucalyptus lainnya.

Pohon pelangi tersebut menyajikan keindahan seni, ciptaan yang maha kuasa, dengan berbagai macam warna yang menempel di batangnya. Mulai warna merah, biru, hijau, kuning, cokelat dan berbagai macam warna yang lain. Ditambah dengan ukurannya yang besar dan tinggi menjulang.

Sekilas kalau dilihat, pohon itu seperti dicat warna-warni. Bahkan, kalau dalam gambar seperti hasil editan. Namun, ternyata itu memang keindahan alami yang disajikan pohon tersebut.

Warna-warni seperti pelangi di batang pohon itu berasal dari kulit pohon yang sering terkelupas. Tapi, lapisan-lapisan kulitnya mengelupas secara bergantian.

Ketika lapisan kulit terluarnya hilang, lapisan yang berwarna hijau yang tertutupi akan tampak. Kemudian, tumbuhlah kulit baru. Kulit baru itulah, yang kemudian berubah warna menjadi merah, hijau, biru, dan warna-warna yang lain.

 

Baca berita menarik lainnya di Timesindonesia.co.id.

 

2 dari 2 halaman

Asal Pohon Pelangi

Uniknya, tiap pergantian lapisan selalu memunculkan warna yang berbeda dari sebelumnya. Ini membuat batang Rainbow eucalyptus berwarna-warni seperti pelangi.

Pohon yang juga punya nama ilmiah Eucalyptus deglupta itu, di Bondowoso terdapat di Dusun Darungan, Desa Sumberwringin Kecamatan Sumberwringin atau sekitar 34 kilometer dari pusat kota.

"Indah, saya sangat kagum dengan keindahan yang ditampilkan oleh pohon yang tidak semua derah punya," kata Riskyah, salah seorang pengunjung, Minggu, 10 Februari 2019.

Ia berharap agar Pemerintah Kabupaten Bondowoso menjaga kelestarian pohon tersebut. Bahkan, kata dia, kalau perlu diperbanyak.

Pohon pelangi, atau Rainbow eucalyptus, berasal dari hutan hujan Mindanao, yang merupakan pulau paling selatan dan timur di kelompok pulau Filipina. Kemudian pohon itu tersebar di Indonesia, termasuk juga di Bondowoso, Jawa Timur.

 

Simak video pilihan berikut ini:

Banteng Tabrak Kerumunan Massa Partai Politik, 7 Orang Terluka
Loading
Artikel Selanjutnya
Pagi yang Memikat dengan Wisata Paket Hemat Eksplorasi Banyuwangi
Artikel Selanjutnya
Foto Cantik Pagi Hari di Taman Ragil Kuning Boyolali