Sukses

Napi Perempuan Lempari Petugas dan Bakar Kasur di Lapas Palangka Raya

Warga binaan di Lapas Perempuan Palangka Raya ada 43 orang yang sudah divonis bersalah, dan satu orang titipan kejaksaan karena masih dalam proses sidang di pengadilan.

Liputan6.com, Palangka Raya - Puluhan penghuni Lembaga Pemasyarakatan Perempuan Kelas II A Palangka Raya, Kalimantan Tengah, Sabtu 1 Februari 2019 sekitar pukul 08.00 WIB, mengamuk dan melempari sejumlah barang kepada petugas serta membakar beberapa kasur.

Kapolres Palangka Raya AKBP Timbul Rein Krisman Siregar  mengatakan, mengamuknya warga binaan itu karena berbagai keluhan yang disampaikan kepada petugas lapas tidak kunjung diperhatikan.

"Tidak ada korban jiwa, hanya sejumlah barang berharga milik tahanan perempuan yang mengalami kerusakan karena dilempar ke arah petugas. Situasi di lapas sudah kondusif," tegas dia, Sabtu dilansir Antara.

Warga binaan di Lapas Perempuan Palangka Raya ada 43 orang yang sudah divonis bersalah, dan satu orang titipan kejaksaan karena masih dalam proses sidang di pengadilan.

Timbul membenarkan bahwa warga binaan lapas ada menyampaikan tuntutan, yakni distribusi makanan jangan lagi terlambat, tersedia tempat ibadah, dan segera mengganti kepala lapas agar pelayanan makin membaik.

"Mereka ingin ada perbaikan pelayanan dan pembinaan di Lapas Perempuan Palangka Raya. Jadi, mereka minta kepala lapas diganti dengan yang baru," katanya.

Kapolres Palangka Raya mengatakan bahwa kondisi dan situasi di lapas perempuan sudah kondusif dan normal kembali.

"Puluhan personel yang kami kerahkan ke lapas, sudah berhasil menenangkan para warga binaan. Tugas kami hanya membantu mengamankan karena ada permintaan dari pihak lapas," kata Timbul.

Berdasarkan pantauan terkini, kondisi Lapas Perempuan Palangka Raya sudah tenang, dan kasur yang sempat dibakar sudah diamankan pihak aparat. Pernyataan dari Kepala Lapas Perempuan Palangka Raya masih ditunggu.

Saksikan video pilihan berikut ini:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.