Sukses

F-16 TNI AU Sukses Memaksa Turun Pesawat Ethiopia

Liputan6.com, Batam - Pesawat tempur F16 TNI AU dari Pangkalan TNI Angkatan Udara Roesmin Nurjadin Pekan Baru sukses memaksa pesawat cargo yang melintas di langit Indonesia tanpa izin. Pesawat jenis boeing ini akhirnya turun di Bandara Hang Nadim Batam, Senin (14/1/2019). 

Direktur Badan Usaha Bandar Udara Bandara Internasional Hang Nadim Batam, Suwarso membenarkan peristiwa itu. Pesawat yang dipaksa turun adalah milik Ethiopia Airlines. Pesawat berbadan besar jenis Boeing B.777F / ET-AVN itu, diburu pesawat tempur TNI AU dan dipaksa turun untuk diperiksa otoritas Indonesia.

Pesawat tempur TNI AU F 16 meski dianggap tua, namun masih bisa memaksa pesawat asing yang melintas wilayah udara Indonesia tanpa ijin. (foto: Liputan6.com/ajang nurdin)

"Yang memaksa pesawat F-16 TNI AU dari Pekanbaru, mereka masuk wilayah Indonesia," kata Suwarso. 

Rute pesawat diketahui berangkat dari Addis Ababa (Ethiopia) dengan tujuan Hongkong. Saat ini kru pesawat dan pesawat masih diperiksa sehingga belum diketahui muatan yang dibawa oleh pesawat tersebut.

"Disergap dan dipaksa turun oleh dua pesawat F-16 TNI AU. Crew pesawat cargo itu ada enam orang dan masih diperiksa intensif oleh TNI AU," kata Suwarso.

Simak video menarik berikut:

Loading