Sukses

Ketika Srikandi dan Anjing Pelacak Kompak Sisir Gereja di Surabaya

Pihak keamanan gereja kami imbau agar selalu siap mengantisipasi berbagai potensi gangguan kamtibmas, khususnya selalu mewaspadai jika ada gerak-gerik warga yang membawa bahan peledak, senjata api, dan senjata tajam.

Liputan6.com, Surabaya - Sejumlah polisi wanita (Polwan) yang tergabung dalam Srikandi Satuan Samapta Bhayangkara (Sabhara) Polrestabes Surabaya menggelar patroli dengan melakukan penyisiran terhadap sejumlah gereja demi mengamankan perayaan Natal.

Salah satunya terlihat melakukan penyisiran di Gereja Katolik Kelahiran Santa Perawan Maria, Jalan Kepanjen Surabaya, Jumat 21 Desember 2018 malam.

"Penyisiran ini juga melibatkan anggota Raimas dan Unit Satwa K-9 Satuan Sabhara Polrestabes Surabaya," ujar Perwira Srikandi Polrestabes Surabaya Ipda Niken Kharisma kepada wartawan di sela memimpin patroli.

Ia mengatakan, patroli ini digelar untuk memastikan situasi di sekitar gereja dalam keadaan aman dan kondusif.

"Patroli juga dilakukan untuk mengantisipasi hal-hal yang tidak diinginkan," katanya dilansir Antara.

Untuk itu, dalam kesempatan tersebut, Niken menyempatkan berdialog dengan pihak keamanan gereja, di antaranya menyampaikan imbauan keamanan, ketertiban, dan keamanan masyarakat (Kamtibmas).

"Pihak keamanan gereja kami imbau agar selalu siap mengantisipasi berbagai potensi gangguan kamtibmas, khususnya selalu mewaspadai jika ada gerak-gerik warga yang membawa bahan peledak, senjata api, dan senjata tajam," katanya.

Niken menekankan, jika petugas keamanan gereja mendapati gerak-gerik warga yang mencurigakan agar tidak segan segera menanyakan identitas dan keperluannya dengan tanpa mengurangi menunjukkan sikap yang humanis.

"Bila mendesak, petugas keamanan gereja bisa segera menghubungi Call Center 110 Command Center Polrestabes Surabaya atau 112 Command Center Pemkot Surabaya," tuturnya.

Saksikan video pilihan berikut ini:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.