Sukses

Air Terjun Lembah Anai Meluap ke Jalanan

Curahan hujan sempat mengakibatkan debet air terjun di Lembah Anai menguap ke jalanan.

Liputan6.com, Sumatera Barat Jalur utama penghubung Bukittinggi dan Padang dipasangi informasi penutupan jalan. Hal ini dilakukan kepolisian Resor Kota Padang Panjang, karena jembatan ambruk di tiga titik menuju jalur tersebut.

Kepala Satuan Lalu Lintas Polres Padang Panjang Iptu B Mendrofa, di Padang Panjang, Selasa, mengatakan informasi penutupan jalan di pasang di Simpang MTsN, Simpang PDAM dan Simpang Kampung Baru.

"Kami juga menyertakan informasi jalur alternatif agar pengendara mengambil jalan ke Solok, Maninjau, dan Malalak jika ingin ke Padang dari Bukittinggi," ujarnya pula.

Di wilayah hukum Polres Padang Panjang, hujan deras yang mengakibatkan air terjun Lembah Anai mencapai jalanan, hingga mengganggu lalu lintas. Longsor di sisi tebing,  tepatnya sekitar lokasi penjualan karcis masuk air terjun Lembah Anai dan di Simpang Pergedel.

Saat ini, kondisi air terjun Lembah Anai sudah kembali normal dan material longsor juga sudah dibersihkan serta jalan dapat kembali dilalui.

Meski demikian, pengendara tetap belum bisa menggunakan jalan itu, karena terhambat kondisi jembatan ambruk di wilayah Padang Pariaman.

"Di Padang Panjang kondisi sudah normal kembali usai hujan deras Senin kemarin. Yang menjadi kendala sekarang adalah jembatan ambles di Padang Pariaman sehingga Lembah Anai saat ini sepi," katanya pula.

Sementara di dalam Kota Padang Panjang, ia menyebutkan kondisi lalu lintas juga cenderung lengang karena kendaraan sudah lebih dulu dialihkan menuju jalur alternatif.

"Jalan-jalan di dalam kota kini hanya dilalui kendaraan yang pemiliknya memang cuma beraktivitas di Padang Panjang," katanya pula.

Pihaknya mengimbau pengendara agar meningkatkan kewaspadaan ketika berkendara pada kondisi hujan deras dan melalui daerah rawan bencana.

Miftahul Jhannah

Saksikan video menarik berikut ini:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.