Sukses

Abon Ikan Patin, Bekal Khusus bagi Calon Haji Asal Jambi

Abon ikan patin itu disediakan oleh Pemprov Jambi untuk jemaah calon haji daerah itu.

Liputan6.com, Jambi - Pemerintah Provinsi Jambi melalui Dinas Kelautan dan Perikanan (DKP) pada musim haji tahun ini menyediakan makanan tambahan, yakni abon ikan patin 6.000 bungkus untuk jemaah calon haji asal provinsi itu.

Kepala DKP Provinsi Jambi, Tema Wisman mengatakan makanan tambahan yakni abon ikan patin tersebut cocok untuk jamaah sesampai di Tanah Suci.

"Kami dari DKP sudah tiga tahun melakukan kegiatan pemberian sambal lingkung (abon ikan patin) untuk makanan tambahan jamaah di Arab Saudi," kata Tema di Jambi, Kamis, 9 Agustus 2018, dilansir Antara.

Tema menjelaskan, kandungan protein di dalam abon ikan patin tersebut lebih kurang 30 persen protein. Sedangkan, masa kedaluwarsa abon bisa bertahan sampai tiga bulan setelah proses pembuatan.

"Satu jamaah kita berikan sebanyak dua bungkus, dalam satu bungkus itu beratnya 70 gram. Komposisinya lima kilogram ikan patin patin, satu kilogram bumbu. Jadi, tidak ada campuran lain," katanya.

Makanan tambahan tersebut katanya dibuat oleh pelaku UMKM di Jambi binaan Dinas Kelautan dan Perikanan.

"Ini sekaligus menggaungkan program pemerintah serta promosi bahwa budidaya ikan patin di Jambi adalah pusat patin nasional," katanya menambahkan.

Sebelumnya, Kamis dini hari, jemaah calon haji Provinsi Jambi Kelompok Terbang (kloter) 21 atau kloter kedua sudah asal Kabupaten Batanghari, Kabupaten Muarojambi, dan Kabupaten Kerinci sudah diberangkatkan menuju Arab Saudi.

Tahun ini, proses pelepasan JCH melibatkan langsung Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) Provinsi Jambi. Kloter 21 dilepas Kapolda Jambi, Irjen Pol Muchlis As.

Tahun ini, Embarkasi Haji Jambi memberangkatkan sebanyak 2.951 jemaah dengan tujuh kloter yang terbagi pada 20 penerbangan. Termasuk di dalamnya petugas kloter yang akan menyertai jemaah calon haji selama berada di Tanah Suci.

Satu kloter rata-rata akan melakukan tiga penerbangan, kecuali kloter terakhir hanya dua penerbangan. Penerbangan JCH Jambi menggunakan pesawat Boeing 737-800.

Saksikan video pilihan berikut ini:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.