Sukses

Garut Obral Wisata Unggulan Saat Kirab Obor Asian Games Berlangsung

Kedatangan kirab obor Asian Games 12-13 Agustus mendatang akan dijadikan ajang sosialisasi wisata Garut, Jawa Barat, ke dunia internasional.

Liputan6.com, Garut - Pemerintah Kabupaten Garut, Jawa Barat, bakal menawarkan objek wisata unggulan bagi wisatawan, baik lokal maupun mancanegara, saat Kirab Obor Api Asian Games menyapa masyarakat Kota Intan, Garut, 12-13 Agustus 2018 mendatang.

Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kabupaten Garut, Budi Gan Gan, mengatakan kedatangan kirab obor Asian Games merupakan kesempatan emas untuk memamerkan sekaligus menjual kekayaan potensi wisata Garut di mata dunia.

"Ada beberapa wisata yang kita siapkan untuk menyambut rombongan Kirab Obor Asian Games nanti," ujarnya, Selasa (7/8/2018).

Dengan upaya itu, ia berharap Garut yang terpilih menjadi salah satu daerah dalam lawatan api abadi olahraga lambang persahabatan seluruh negara Asia itu mampu meningkatkan pertumbuhan ekonomi masyarakat dengan meningkatnya kunjungan wisata.

"Pertama tentu Garut semakin dipromosikan, khususnya alamnya, budayanya. Jadi semua bisa terpromosikan, ini suatu kebanggaan," ujarnya.

Budi menyatakan beberapa objek wisata unggulan yang akan ditawarkan pada momen Kirab Obor Asian Games itu antara wisata budaya di Candi dan Situ Cangkuang, Kecamatan Leles, kemudian wisata kawah Gunung Papandayan, di Kecamatan Cisurupan.

Kemudian, wisata alam air panas kawasan Cipanas Garut di Kecamatan Tarogong Kaler, serta wisata alam air Darajat di kecamatan Pasirwangi yang tengah naik daun saat ini. "Tak lupa kita juga merekomendasikan ke Gunung Papandayan," ujarnya.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Wisata Belanja dan Kuliner Garut

Selain wisata alam, rombongan kirab obor juga akan dimanjakan dengan beberapa kunjungan wisata di kawasan wisata belanja sentra kerajinan kulit Sukaregang, wisata kuliner cokelat dodol alias Chocodot dan makanan ikon Garut, dodol picnic.

"Nanti mereka juga dapat melihat langsung atraksi pembuatan dodol di pabrik Dodol Picnic," kata dia.

Rencananya, setelah seharian lelah mengitari Kota Garut, ujar Budi, rombongan akan dijamu di kawasan wisata air hangat Cipanas, Tarogong Garut. Di kawasan wisata kaki gunung Guntur itu, rombongan akan disajikan penginapan asri dan sunyi khas alam pegunungan.

"Di sana kan banyak hotel atau penginapan konsep alam yang dapat menampung banyak wisatawan," kata dia.

Dengan banyaknya tamu wisatawan pengiring kirab obor Asian Games ke XVIII itu, mampu memberikan dampak positif bagi geliat ekonomi Garut. "Mereka yang datang, kan, tidak cuma wisatawan lokal tetapi juga mancanegara," ujarnya.

 

Simak video pilihan berikut ini:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.