Sukses

Awal September Siap-Siap Goyang Karawang

Festival Goyang Karawang juga menampilkan aksi tari-tari daerah lain.

Liputan6.com, Karawang - Pemerintah Kabupaten Karawang, Jawa Barat, akan menggelar Festival Goyang Karawang 2018 tingkat nasional di Kompleks Candi Batujaya, Karawang.

"Sekarang masih disiapkan. Rencananya Festival Goyang Karawang tingkat nasional akan digelar pada 21-23 September 2018," kata Bupati Karawang Cellica Nurrachadiana di Karawang, Sabtu, 21 Juli 2018, dilansir Antara.

Ia menjelaskan, tujuan kegiatan tersebut untuk melestarikan tradisi seni dan budaya khas Karawang agar tidak musnah. Selain itu, juga sebagai upaya mengenalkan tarian tradisional kepada generasi muda.

Festival Goyang Karawang tingkat nasional, katanya, perlu digelar sebagai bagian dari pembinaan dan pelatihan untuk para pelajar di Karawang. Cellica mengaku khawatir pelajar dan anak-anak di Karawang tidak berminat belajar seni tari tradisional.

Karena itu, berbagai jenis seni dan budaya khas daerah harus terus diperkenalkan kepada generasi muda. Sementara itu, pada kegiatan Festival Goyang Karawang itu sendiri tidak hanya menampilkan seni tari khas Karawang. Tetapi juga akan ada pertunjukan tari dari berbagai daerah, karena kegiatan itu digelar tingkat nasional.

Bukan hanya tarian khas Karawang. Rencananya, kegiatan itu akan dimeriahkan pertunjukan seni tari tradisional dari Aceh, Sumatera Barat, Sumatera Utara, Lampung, Jambi, Banten, Kalimantan, Jawa Tengah, Bengkulu, Sulawesi, NTT, dan Papua.

Saksikan video pilihan di bawah ini:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.