Sukses

Bulan Pancasila, Ikuti Rangkaian Acara Berhadiah Total Ratusan Juta Rupiah

Liputan6.com, Yogyakarta - Pengurus Pusat Keluarga Alumni Gadjah Mada (PP Kagama), Ikatan Keluarga Alumni Universitas Islam Indonesia (IKA UII), dan Kwartir Daerah Gerakan Pramuka Daerah Istimewa Yogyakarta (Kwarda DIY) akan menyelenggarakan rangkaian acara bertajuk Kita Pancasila.

Kegiatan yang berlangsung dari 1 Juni 2018 hingga Agustus 2018 ini juga merupakan bentuk inisiatif dari masyarakat untuk turut serta membumikan Pancasila.

Selain sarasehan dan lokakarya tentang Pancasila, sejumlah kompetisi inspiratif berhadiah total uang tunai ratusan juta rupiah bisa diikuti masyarakat umum, dari berbagai kalangan, mulai dari balita, pelajar, sampai pekerja.

Pertama, lomba paduan suara pelajar lagu nasional yang terdiri dari tiga kategori, yakni SD, SMP, dan SMA. Kegiatan ini berlangsung pada 9-11 Juli 2018 dan pendaftaran dimulai Juni sampai 8 Juli 2018.

Kedua, lomba poster Kita Pancasila yang berlangsung mulai 25 Juni sampai 4 Agustus. Pemenang akan diumumkan pada 17 Agustus 2018.

Ketiga, lomba mural Kita Pancasila diadakan pada 25 Juni sampai 17 Juli 2018. Penilaian dilakukan pada 21 Juli 2018.

Keempat, lomba siskamling kreatif yang bisa diikuti masyarakat umum. Pendaftaran dibuka mulai Juni sampai 20 Juli 2018.

Kelima, lomba vlog Kita Pancasila. Pengumpulan karya dimulai 1 Juli sampai 10 Agustus 2018.

Keenam, lomba cover lagu Garuda Pancasila. Pengumpulan karya mulai 1 Juli sampai 10 Agustus 2018.

Ketujuh, lomba mewarnai dan menggambar Aku Cinta Pancasila yang bisa diikuti anak mulai usia 4 sampai 10 tahun. Kegiatan ini berlangsung pada 21 Juli 2018.

Kedelapan, lomba iklan layanan masyarakat. Pengumpulan karya mulai 25 Juni sampai 10 Agustus 2018.

Kesembilan, lomba feature tentang Pancasila yang ditujukan bagi wartawan. Pengumpulan karya mulai Juni sampai 10 Agustus 2018.

Keterangan lebih lanjut perihal lomba bisa menghubungi penyelenggara acara, salah satunya Pusat Studi Pancasila UGM.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

2 dari 2 halaman

Konser Slank

Rangkaian kegiatan Bulan Pancasila dibuka lewat Konser Indonesia Damai #PANCASILARUMAHKITA di Lapangan Grha Sabha Pramana UGM pada Jumat, 1 Juni mendatang.

Acara yang dimulai pada pukul 15.00 WIB ini diawali penampilan NOS INDONESIA Band. Selanjutnya, acara secara resmi dibuka lewat aubade ribuan pelajar dan mahasiswa gabungan lintas sekolah se-Yogyakarta.

Tidak ketinggalan, Tari Nusantara dari Sanggar Gita Gilang ikut menyemarakkan acara ini dengan membawakan berbagai jenis kesenian dari berbagai wilayah, seperti Jawa, Betawi, Sumatra, Kalimantan, Sulawesi, Bali, Papua, dan sebagainya.

Grup band Slank menjadi bintang tamu. Mereka dipilih karena fokus mengampanyekan Indonesia damai lewat karya-karyanya. Pertimbangan lainnya, Slank memiliki penggemar lintas batas, khususnya generasi muda.

"Diharapkan melalui momentum ini semangat nilai-nilai Pancasila dapat terpatri di hati dan pikiran generasi muda serta terimplementasi dalam praktek kehidupan sehari-hari," ujar Widihasto Wasana Putra, Sekber Keistimewaan DIY, Rabu (30/5/2018).

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS