Sukses

Tepis Hoaks, Gubernur Gorontalo Bagikan Video BJ Habibie Berolahraga

Gubernur Gorontalo yang merupakan keponakan BJ Habibie mengaku sedih atas kabar hoaks yang menimpa sang paman untuk kesekian kalinya.

Liputan6.com, Gorontalo – Gubernur Gorontalo Rusli Habibie membantah kabar meninggalnya Presiden ketiga RI Bachrudin Jusuf (BJ) Habibie seperti yang beredar melalui pesan berantai di media sosial. Keponakan BJ Habibie itu menegaskan bahwa pamannya sehat.

Untuk meyakinkan, Rusli Habibie bahkan sempat membagikan video aktivitas terbaru dari mantan Menteri Negara Riset dan Teknologi Indonesia zaman Orde Baru itu.

Dalam video tersebut, BJ Habibie yang mengenakan jaket dan topi hitam sedang berolahraga. Video yang direkam di salah satu pusat kebugaran di Jerman pada 4 April 2018 itu menegaskan bahwa kondisi BJ Habibie sehat.

"Beliau sehat dan tetap dipantau kesehatanya oleh tim dokter," kata Rusli, Kamis (5/4/2018).

Ia mengimbau agar masyarakat tidak mudah percaya dengan kabar palsu yang disampaikan oleh orang tidak bertanggung jawab. Ia juga meminta masyarakat untuk mendoakan BJ Habibie agar tetap sehat dan bisa beraktivitas kembali.

"Yang dibutuhkan beliau itu adalah doa dari kita semua. Semoga Pak Habibie senantiasa diberi kesehatan, kekuatan dan umur panjang," kata Rusli.

 

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Kabar Hoaks

Politikus Partai Golkar itu menyayangkan beredarnya hoaks di masyarakat yang menyebutkan bahwa BJ Habibie meninggal dunia. Apalagi, kabar itu berulang kali menimpa pamannya.

"Jujur saja, saya sedih mendengarnya," ujar Rusli.

Menurutnya, kabar bohong seperti itu tidak produktif bagi masyarakat yang selama ini menjadikan BJ Habibie sebagai sesepuh dan tokoh bangsa. Ia pun mengimbau agar masyarakat tidak mudah percaya dengan isi pesan berantai yang dilakukan oleh orang tidak bertanggung jawab tersebut.

Sebelumnya, ramai beredar melalui pesan berantai perihal hoaks meninggalnya BJ Habibie. Kabar itu mencuat sejak Rabu, 4 April 2018. The Habibie Center melalui akun Twitter @habibiecenter bahkan secara tegas membantah kabar tersebut.

Saksikan video pilihan berikut ini:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.