Sukses

Warga Bandung Trauma Usai Mobilnya Tertimpa Pohon Tumbang

Satu mobil merek Chevrolet Spin rusak di bagian kaca depan dan satu Toyota Calya rusak di bagian depan akibat pohon tumbang.

Liputan6.com, Bandung - Hujan deras disertai angin kencang dan menyebabkan sebuah pohon tumbang di Jalan Laksamana Laut RE Martadinata, Kota Bandung, Jawa Barat, pada Jumat sore, 2 Maret 2018.

Pohon tumbang tersebut terjadi di depan factory outlet Heritage sekitar pukul 14.25 WIB. Akibatnya, satu mobil merek Chevrolet Spin rusak di bagian kaca depan dan satu Toyota Calya rusak di bagian depan.

Dinas Kebakaran dan Penanggulangan Bencana (Diskar PB) Kota Bandung yang meluncurkan personel ke lapangan berjumlah lima orang dan satu mobil rescue, langsung gerak cepat menanggulangi dampak pohon tumbang tersebut.

Kepala Bidang Penanggulangan Bencana Diskar PB Kota Bandung, Sihar Sitinjak menyebutkan, tidak ada korban jiwa akibat pohon tumbang yang terjadi saat hujan deras disertai angin kencang tersebut.

"Laporan sementara tidak ada korban jiwa, tapi ada satu orang mengalami trauma, sedang dalam penanganan petugas," ucap Sihar, kepada Liputan6.com, Jumat, 2 Maret 2018.

Saat Liputan6.com meninjau lokasi sekitar pukul 16.30 WIB, pohon tumbang sudah diangkut petugas. Kondisi lalu lintas pun sudah lancar.

Saksikan video pilihan di bawah ini:

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

3 Pohon Tumbang

Sihar menambahkan, selain pohon tumbang di Jalan RE Martadinata juga terjadi di Jalan Sadang Serang dekat pasar setempat sekitar pukul 14.45 WIB. Kali ini pohon beringin yang berjatuhan. Satu pohon tumbang lainnya terjadi di Jalan Moch. Toha di area Sekolah Dasar Negeri 008, sekitar pukul 15.15 WIB.

"Untuk menanggulangi pohon tumbang di ketiga lokasi tersebut, secara keseluruhan Diskar PB menurunkan dua unit penyelamat disertai unsur bantuan dari DPKP3," katanya.

Di musim hujan seperti sekarang ini, Sihar mengimbau warga menghindari berteduh di bawah pohon. Apalagi jika terjadi hujan deras disertai angin kencang.

"Dan jangan lupa, kalau ada kejadian segera laporkan. Begitupun apabila melihat ada pohon yang rawan roboh," ia menandaskan.

 

3 dari 3 halaman

Rutin Pangkas Pohon

Sementara itu, Pelaksana Tugas (Plt) Kepala Dinas Perumahan Kawasan Permukiman, Pertanahan, dan Pertamanan (DPKP3) Kota Bandung, Iming Ahmad menyebutkan, selain pohon tumbang terdapat juga pohon patah di kawasan Kota Bandung.

Pohon tumbang yang terjadi saat hujan deras pada Jumat menjelang sore antara lain pohon ganitri setinggi 18-20 meter dengan diameter 60 cm di jalan Riau, pohon angsana setinggi 8-10 meter di Jalan Moch. Toha, dan pohon tumbang di Jalan Bawean yang mengenai tiang listrik.

"Sisanya ada pohon patah dahan di lima titik, yakni Jalan Jamuju Lapangan Supratman, Jalan Cisangkuy, Jalan Madura, Jalan Ambon, dan Jalan BKR," katanya.

Selain penanganan jangka pendek dengan menurunkan tim ke lokasi kejadian, DPKP3 Bandung juga memiliki program jangka panjang untuk mengantisipasi kejadian serupa. Apalagi di musim hujan seperti sekarang.

Setiap hari, sejumlah personel berkeliling untuk mengatasi dahan atau batang pohon yang rapuh baik hasil dari pengaduan masyarakat maupun hasil survei lapangan tim DPKP3.

Minimal, tim memangkas supaya beban pohon tidak terlalu berat. "Di samping itu, kami pun telah menganggarkan pengadaan sarana prasarana untuk menunjang pekerjaan tim di lapangan seperti mobil hidrolik yang sangat kami butuhkan," ujarnya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.